Mohon tunggu...
Franz Dagur
Franz Dagur Mohon Tunggu... Guru - Historia Vitae Magistra

Pendidikan Sejarah

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X IPS 1 pada Mata Pelajaran Sejarah

6 Desember 2022   13:14 Diperbarui: 6 Desember 2022   13:18 489
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
sumber gambar: fransdagur

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM MENINGKATKAN 

HASIL BELAJAR SISWA KELAS X IPS 1 PADA MATA PELAJARAN SEJARAH

 

Disusun Oleh : Fransiskus Dagur, S.Pd

SMAK Santo Fransiskus Assisi Samarinda

ABSTRAK

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran sejarah melalui model pembelajaran kooperatif jigsaw pada siswa kelas X IPS 1 SMAK Santo Fransiskus Assisi Samarinda. 

Penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun 2021/ 2022 dengan subyek penelitian 28 siswa yang terdiri dari 12 orang laki-laki dan 16 orang perempuan. Prosedur penelitian di lakukan dengan 4 tahap yaitu planning, action, observing dan reflecting. 

Jumlah siklus adalah 1 siklus. Data di kumpul melalui tes dan non tes (observasi dan perekaman) di maksud untuk aktivitas yang terjadi selama pembelajaran mata pelajaran sejarah  berlangsung. Data dianalisis dengan mengunakan teknik analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor rata-rata hasil belajar siswa pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 78,53. Persentase ketuntasan siswa pada siklus II sebesar 94,12% . Hasil penelitian observasi menunjukkan bahwa  ada peningkatan kualitas aktivitas pembelajaran pada siklus II baik dari segi kehadiran, keaktifan dalam pembelajaran serta keterlibatan aktif dalam bekerja individu maupun berkelompok dengan kelompok asal maupun kelompok ahli.

Kesimpulan hasil penelitian mendukung hipotesis penelitian yaitu melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran sejarah siswa kelas X IPS 1 SMAK Santo Fransiskus Assisi Samarinda tahun pelajaran 2021/2022.

Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Pembelajaran Jigsaw

 

I    PENDAHULUAN

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
  10. 10
  11. 11
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun