Mohon tunggu...
fransisco simanjuntak
fransisco simanjuntak Mohon Tunggu... Lainnya - Siswa SMA

Hobi Olahraga, tertarik dengan hal-hal berbau olahraga

Selanjutnya

Tutup

Olahraga

Bowling dan Peminatnya di Indonesia

30 November 2022   21:41 Diperbarui: 30 November 2022   21:57 102
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Olahraga. Sumber ilustrasi: FREEPIK

Bowling merupakan olahraga yang menyenangkan, beda dari yang lain, dan mendasar. Pada dasarnya sebagai pemain kita harus menggelindingkan bola hingga menjatuhkan ke sepuluh pin yang ada di ujung jalur, pin-pin ini disusun berbentuk segitiga. Jika semua pin dapat dijatuhkan dalam sekali lemparan maka hal ini akan disebut sebagai strike. Di olahraga bowling ini kita harus dapat mengkoordinasikan gerakan tangan dan kaki agar dapat melempar bola dengan baik

Dalam sejarahnya tercatat, "Bowling masuk ke benua Asia pada tahun 1960-an. Indonesia baru mengenal bowling selama tahun 1970. Pada tahun 1983, Achmad Thahir selaku Menteri Pariwisata, Pos, dan Telekomunikasi saat tersebut secara resmi mengenalkan istilah bowling yang adalah singkatan dari "bola gelinding".

Bowling sendiri sudah sangat terkenal di Indonesia sudah banyak tempat bermain bowling yang tersebar di kota-kota besar, Jakarta, Surbaya, Palembang serta banyak tempat lainnya. Indonesia sendiri sudah melahirkan atlit-atlit bowling International yang kemarin berhasil menyumbangkan medali bagi Indonesia, diantaranya Riyan Leonard Lalisang/Hardy Rachmadian yang sukses meraih medali emas SEA Games 2021.

Selain menyenangkan dan simpel, bowling juga memiliki aspek kesehatan Dilansir dari klikdokter.com, berikut manfaat dari olahraga bowling bagi kesehatan tubuh. Membakar kalori, melatih fleksibilitas, melatih keseimbangan, memperkuat koordinasi, mengencangkan otot-otot, baik untuk kesehatan kognitif dan meredakan stress.  

Di tahun-tahun kedepan saya memiliki keyakinan Indonesia akan semakin banyak mencetak atlit-atlit bowling yang lebih berkualitas lagi, serta kedepannya olahraga bowling di Indonesia akan semakin maju sehingga persebarannya akan menjadi seperti rumput yang tumbuh begitu bebasnya.

Jakarta sendiri sudah memiliki banyak Bowling Centre. Terdapat lebih dari 5 Bowling Centre yang ada di Jakarta, diantaranya adalah Jakarta Bowling Centre (JBC) yang terletak di Jalan Rasuna Said, Plaza Festival, Artha Gading Bowling Centre (AGBC) yang terletak di pusat perbelanjaan Mall Artha Gading, Jaya Ancol Bowling Centre (JABC) yang terletak di Ancol, Jakarta Utara, dan banyak Bowling Centre lainnya. 

Di antara banyaknya Bowling Centre ini kalian bisa memilih salah satu untuk mencoba bermain bowling, tertarik mencobanya?

Mohon tunggu...

Lihat Konten Olahraga Selengkapnya
Lihat Olahraga Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun