Mohon tunggu...
Money

Perang Dingin Dunia Periklanan

14 Juni 2017   11:47 Diperbarui: 14 Juni 2017   11:56 182
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

Apa itu Iklan?

Iklan merupakan media untuk mempromosikan suatu produk baik itu barang maupun jasa. Manfaat dari iklan ini sendiri yaitu untuk membuat para konsumen tertarik untuk membeli atau menggunakan produk yang kita miliki. Pada saat ini cara mempromosikan iklan tidak hanya melalui media cetak, tetapi juga dapat melalui media sosial, media pertelevisian, dll.

Pada saat ini media pertelevisian paling sering digunakan perusahaan-perusahaan untuk melakukan promosi, hal ini dikarenakan hampir seluruh masyarakat Indonesia memiliki televisi dan menjadikan televisi sebagai hiburan nomor 1, dan terbukti dengan menerbitkan iklan di media pertelevisian mampu meningkatkan penjualan di suatu perusahaan dan peluang ini banyak di manfaatkan oleh media pertelevisian maupun perusahaan-perusahaan yang ingin menerbitkan iklan.

Perang Dingin Dunia Iklan Beserta Dampaknya

Pada saat ini banyak produk-produk yang memiliki fungsi dan kegunaan yang hampir sama, sehingga timbul persaingan antar produk-produk tersebut. Jadi, tidak heran jika melihat iklan yang memiliki fungsi yang sama beredar yang membedakannya hanya nama produknya saja.Dengan kesamaan fungsi tersebut, perusahaan yang akan mengiklankan produknya akan berusaha menunjukkan kelebihan dari produknya agar memperoleh keuntungan semaksimal mungkin dan mengalahkan produk-produk pesaing dengan berbagai cara misalnya dengan cara menyindir atau menjelekkan produk pesaing secara tidak langsung.

Misalnya, iklan dari salah satu produk smart phone yang menyindir secara tidak langsung produk pesaingnya dengan cara menyindir kelemahan-kelemahan salah satu produk terkenal tersebut, agar orang lebih tertarik menggunakan produk nya di banding produk lain,

Dampak Positifnya yaitu, produk tersebut mampu meningkatkan daya tarik masyarakat terhadap produk yang mereka hasilkan, sehingga masyarakat beralih menggunakan produk yang mereka hasilkan dan mereka mampu menyaingi produk-produk pesaing lainnya, serta mereka juga akan meningkatkan hasil produk-produk mereka agar tidak kalah dalam persaingan

Dampak Negatifnya yaitu, terjadi persaingan yang tidak murni terhadap kedua produk tersebut, karna salah satu produk menjatuhkan produk perusahaan lain. Hal ini akan menimbulkan perselisihan antara kedua produk tersebut, dan pasti produk yang di jatuhkan tersebut akan membalas menjatuhkan produk yang telah menjatuhkan mereka dengan cara tidak langsung.

Jadi, pada dasarnya dunia periklanan memiliki nlai positif dan nilai negatif bagi salah satu produk dan masyarakat yang menonton iklan tersebut. Sekarang menjadi tugas kita untuk mengambil nilai-nilai positif dari iklan yang ada di pertelevisian serta menyampingkan nilai-nilai negatif nya. Untuk perusahaan pengiklan juga haruslah berusaha bersaing secara sehat tanpa menggunakan kalimat-kalimat sindiran dan kalimat yang menjelekan produk pesaing, perusahaan pengiklan haruslah mulai dari pengembangan produk mereka masing-masing agar tidak kalah dari produk pesaing nya.

Referensi : James Brusseau, Business Ethics V. 1.0

Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun