Mohon tunggu...
Francisca S
Francisca S Mohon Tunggu... Guru - Pengajar bahasa

Penulis novel: Bisikan Angin Kota Kecil (One Peach Media, 2021) Bahasa, budaya, sejarah, dan menulis adalah sebagian dari minat-minat saya

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Brigadeiro, Permen Tradisional Brazil

29 September 2021   23:25 Diperbarui: 30 September 2021   00:05 155 8 3
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Brigadeiro-Foto: Pixabay.com/niltonmaciel

Apa itu Brigadeiro? Melihat bentuknya yang bulat-bulat kecil dan dibalut dengan taburan coklat, sepintas camilan manis ini mirip dengan classic chocolate truffles, yakni, permen coklat yang terbuat dari coklat hitam dengan campuran krim kental yang rasanya lezat itu.

Mungkin karena kemiripan bentuk tersebut dan juga dalam beberapa tahapan pembuatannya, banyak orang di luar negara Brazil juga menyebut brigadeiro ini dengan Brazilian chocolate truffles. 

Tidak salah juga memang bila permen tradisional ini masuk dalam 'keluarga' camilan coklat-coklatan itu, karena brigadeiro juga memiliki unsur coklat di dalamnya. Namun, bila dilihat dari bahan utamanya, brigadeiro tidaklah sama dengan chocolate truffles pada umumnya.

Bila bahan utama dari chocolate truffles adalah coklat hitam atau coklat keping (chocolate chips) maka bahan utama untuk membuat brigadeiro adalah susu kental manis, Sementara unsur coklatnya berasal dari coklat bubuk.

Brigadeiro adalah makanan pencuci mulut yang populer di Brazil. Selain dapat dibuat sendiri di rumah, permen tradisional ini juga dijual di toko-toko camilan di Brazil. Pada umumnya brigadeiro menggunakan balutan taburan coklat.

Brigadeiro dengan taburan coklat dan kacang-Foto: Pexels.com/Paloma Clarice
Brigadeiro dengan taburan coklat dan kacang-Foto: Pexels.com/Paloma Clarice

Namun, dengan semakin populernya camilan ini di negara-negara lain, banyak orang yang menghias brigadeiro dengan aneka ragam topping, seperti sprinkles warna-warni, kelapa parut kering, beberapa jenis kacang-kacangan, coklat bubuk, dan lainnya.

Brigadeiro dengan sprinkles warna-warni-Foto:Pixabay.com/Larissa Kozemekin
Brigadeiro dengan sprinkles warna-warni-Foto:Pixabay.com/Larissa Kozemekin

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan