Wisata

Musim Panas di Perancis Selatan? Seperti Mimpi!

10 Agustus 2017   17:07 Diperbarui: 10 Agustus 2017   17:10 438 0 0
Musim Panas di Perancis Selatan? Seperti Mimpi!
c5e732b7-1a9e-49fd-8064-213e1e7ed31c-598c2fcd1774da4a2a6d19c2.jpg

Pemandangan alam Riviera Prancis memang memukau. Jernihnya air sepanjang Cote d'Azur yang bertemu dengan birunya langit...berjemur di pantai di bawah sinar matahari... seperti mimpi, bukan? 

RUTE PERJALANAN

Memang kita membutuhkan waku perjalanan yang panjang (satu hingga dua hari) untuk mengemudi dari Paris menuju selatan Prancis. Namun, semua itu akan terbayar dengan indahnya pemandangan yang kita lewati! Bayangkan mengemudi mobil di bawah sinar matahari yang cerah di sepanjang tepi laut Mediteranian... Jika tidak ingin menghabiskan waktu lama di jalan, terbang langsung dari Paris ke Marseille atau Nice mungkin akan lebih efisien.

Jika Cote d'Azuradalah tujuan utama kita dan ingin menjelajahi Prancis dengan mengemudi sendiri ke arah selatan, kita bisa memulai trip dari Calais atau Lilledari stasiun-stasiun Eurostar dan langsung menuju ke daerah timur Prancis (misalnya dari Burgundy ke Lyon).

YANG DAPAT DILAKUKAN JIKA PUNYA WAKTU...

1 Hari:Berkendara sepanjang Cote d'Azurtentunya wajib dilakukan: Nice, Cannes,desa-desa dengan benteng abad pertengahan di Eze, Monaco,dan Antibes

2 Hari: Kunjungi tempat-tempat mewah dan populer di kalangan para bintang Hollywood di Saint Tropezdan Sainte Maxime

3 Hari:Mendaki di sepanjang Calanques(tebing kapur) di Marseilledan Cassis

4 Hari:Kunjungi pusat pembuatan parfum dunia, Grasse,dan taman lavender di Aix-en-Provence

TIDAK BOLEH DILEWATKAN

Kuliner

Di daerah selatan, penduduk lokal senang mempersiapkan makanan mereka dengan produk-produk musiman dan bahan-bahan segar. Selain wine rose dan salad Nicoise, kita juga harus mencoba bouillabaisse(sup ikan tradisional khas daerah selatan Prancis)! Berasal dari kota pelabuhan Marseille, sup ini disajikan dengan kerang, lobster, dan ikan.... benar-benar kaya akan rasa dan nutrisi!

Jangan lupa juga untuk mencoba magret de canard(dada bebek) dari barat daya Prancis. Mungkin kita pernah mencicipi makanan-makanan ini di tempat lain namun di selatan, mereka memadukan kecap manis dan saus asam, kecap asin dan madu....benar-benar lezat!

Aktivitas outdoor

Mengapa tidak memanfaatkan sinar matahari dengan melakukan kegiatan di luar ruangan? Kita dapat menghabiskan pagi hari di pasar lokal,menghadiri festival musik, berjemur dan bersantai di pantai, mendaki,atau bahkan scuba diving di perairan Nice yang sangat jernih!

SELANJUTNYA... KE MANA?

Lanjutkan perjalanan ke barat menuju Arles, Avignon,dan Nimes. Cari tahu mengapa Van Gogh sangat produktif di Arles (Ia menghasilkan lebih dari 300 lukisan!); hadiri festival teater yang berlangsung selama 3 minggu setiap bulan Juli di Avignon; dan bersiaplah untuk terpukau dengan kemegahan amphiteater Roman abad pertengahan di Nmes!

Kita dapat mengemudi lebih jauh lagi hingga ke perbatasan Spanyol - menuju Montpellierdan daerah pesisir Sete.Di sana kita akan bertemu dengan banyak wisatawan lokal yang menghabiskan liburan musim panas. Narbonnejuga tidak boleh dilewatkan! Daerah yang kaya akan sejarah ini patut dijelajahi dan cicipi juga anggur lokal mereka!