Mohon tunggu...
Suaviter
Suaviter Mohon Tunggu... Lainnya - Sedang dalam proses latihan menulis

Akun yang memuat refleksi, ide, dan opini sederhana. Terbiasa dengan ungkapan "sic fiat!"

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Artikel Utama

Atasi Kemarahan Anda dengan Metode ABCD!

5 Januari 2022   21:50 Diperbarui: 6 Januari 2022   02:05 362 22 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi marah | Sumber: Pexels/Andrea Piacquadio

"Kemarahan dapat menjadi satu masalah yang kecil/sedang/besarnamun tetap ada harapan untuk mempelajari cara mengatasinya"

Saya pernah marah. Anda pernah marah. Kita semua pernah marah. Siapa pun orangnya, selagi hidup dia akan pernah marah entah karena satu dan lain hal yang memancing kemarahan dalam dirinya.

Setiap orang tentu memberikan respon yang beraneka ragam pula atas kemarahan yang sedang dialaminya. Ada orang yang langsung membentak orang lain; memukul benda yang ada di sekitarnya; diam seribu bahasa; memendam amarah; dan sebagainya.

Pada saat marah, kita sedang membuat keputusan buruk. Bisa jadi, kita sedang mengangkat pedang kemarahan dan menebas orang lain dengan luapan perasaan yang menyakitkan baginya.

Kita mengucapkan hal-hal yang seharusnya tidak diucapkan, mencaci, memaki, dan melukai perasaan orang lain. 

Kita cenderung ingin memperparah keadaan dan bukannya meredakan situasi "panas". Dalam keadaan seperti ini, kita meluapkan kemarahan dengan cara yang keliru.

Memahami kemarahan

Kemarahan itu punya kuasa yang luar biasa. Ia dapat mengubah banyak hal dalam hidup ini. Kalau tidak dapat diatasi, apalagi dipahami dengan betul, kemarahan akan menghancurkan.

Kita perlu memaksa diri untuk mengatasi kemarahan. Untuk itu, langkah pertama yang menjadi langkah penentu adalah memahami kemarahan dari kaca mata positif.

Kemarahan adalah bagian dari emosi-emosi dalam diri manusia yang sejatinya dirancang oleh Tuhan (Sang Pencipta) untuk membantu kita menanggapi dan menikmati dunia ini.

Dari pihak Tuhan sendiri, perasaan-perasaan tersebut menjadi sosok yang menolong, positif, dan menjadi berkat. 

Emosi adalah sensasi psikologis yang sangat membantu kita dalam hidup.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gayahidup Selengkapnya
Lihat Gayahidup Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan