Mohon tunggu...
Firmansyah
Firmansyah Mohon Tunggu... A Proud #TeacherBlogger

I'm a proud #TeacherBlogger. Currently I teach English, Arabic and several Arabic-related lessons at Pondok Pesantren Daar el-Qolam, Tangerang, Banten. In my leisure, I love to do blogging, traveling and photography. Visit my blog > www.bangfirman.com

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan Pilihan

Wujudkan Impian Miliki Hunian Ideal Bersama Alam Sutera

18 Mei 2018   14:55 Diperbarui: 18 Mei 2018   21:49 0 2 1 Mohon Tunggu...
Wujudkan Impian Miliki Hunian Ideal Bersama Alam Sutera
Alam Sutera, Hunian Ideal Penunjang Gaya Hidup Sehat. Sumber foto: www.alam-sutera.com, didesain oleh Penulis.

Apakah Anda termasuk kaum urban yang setiap harinya dihadapi dengan hiruk pikuk perkotaan? Jarak tempuh dari tempat tinggal menuju tempat bekerja yang cukup memakan waktu, belum lagi ditambah dengan adanya problematika transportasi, kemacetan dan juga polusi udara. Membayangkannya saja sudah cukup membuat stres dan melelahkan ya. 

Pernahkah terlintas di pikiran Anda untuk memiliki hunian ideal di daerah strategis perkotaan yang memiliki fasilitas-fasilitas penunjang aktivitas sehari-hari Anda? 

Hunian ideal itu seperti apa sih? Hunian ideal dapat digambarkan sebagai tempat tinggal idaman yang memiliki perpaduan antara lingkungan hijau, sehat dan asri, fasilitas yang baik dan lengkap, akses yang mudah serta dukungan teknologi yang canggih. Hal tersebut tentu merupakan impian dan dambaan bagi setiap keluarga. 

Namun, sebelum memutuskan untuk membeli hunian yang Anda inginkan, Anda pasti akan dihadapkan dengan berbagai pertimbangan yang akan membuat Anda sedikit bingung, mulai dari pertimbangan nama perusahaan pengembang, konsep hunian, lokasi, harga jual bahkan hingga masalah kenyamanan dan fasilitas pendukung di sekitar lokasi perumahan. Maka, sebaiknya Anda teliti terlebih dahulu sebelum membeli dan mewujudkan hunian impian Anda. Berikut beberapa saran atau tips bagi Anda agar lebih jeli memilih perusahaan pengembang dan memperhatikan faktor lainnya. 

Didesain oleh Penulis
Didesain oleh Penulis
Sebagaimana dikutip dari website properti.kompas.com, ada baiknya Anda berhati-hati saat memilih proyek dan penawaran pengembang. Untuk itu, berikut ini adalah beberapa saran atau tips bagi Anda agar lebih jeli memilih pengembang:
  1. Reputasi Baik : Pengembang dengan reputasi baik dapat dilihat dari cara mereka mengelola proyek yang dibangun. Anda dapat melakukan survei kecil dengan bertanya langsung kepada para pembeli proyek. Bahkan, tada ada salahnya Anda melihat langsung kondisi proyek yang dibangun, misalnya perumahan.
  2. Rumah Contoh : Jangan remehkan rumah contoh! Lewat rumah contoh, Anda akan memiliki gambaran seperti apa rumah yang nantinya akan dibangun. Dari situ, Anda bisa mengajukan pertanyaan seputar bangunan, mulai meterial sampai desainnya kepada pengembang.
  3. Aspek Legalitas : Memeriksa legalitas pengembang hukumnya wajib untuk Anda. Jangan sampai terlanjur membeli, sementara pengembang tersebut tersangkut masalah tanah, IMB, atau sertifikasi. Agar lebih yakin, Anda dapat mengecek ke beberapa lembaga terkait.
  4. Cek Fasilitas : Untuk mengetahui kredibilitas si pengembang, salah satu cara perlu dilakukan adalah mengecek langsung fasilitas perumahan yang disediakan pengembang, seperti sekolah, rumah sakit, tempat berbelanja, pusat olahraga dan lain-lain. Hal yang tak kalah penting pula yaitu untuk memilih pengembang yang peduli terhadap lingkungan sekitar, seperti masalah saluran air dan pengelolaan sampah.
  5. Manajemen : Pilihlah pengembang yang memiliki manajemen yang baik, serta memiliki kepastian serah terima perumahan ke warga. Anda harus memastikan janji para pengembang untuk urusan serah terima ini. 
  6. Kerjasama Bank : Jangan lupa, tanyakan juga kepada pengembang mengenai fasilitas penyediaan kredit pemilikan rumah (KPR). Apabila banyak perbankan yang menjalin kerjasama dan menyalurkan kredit ke perumahan tersebut, maka itu dapat menjadi indikator bahwa pengembang tersebut kredibel serta dapat dipercaya. Seperti diketahui, perbankan saat ini sangat ketat dalam menyeleksi calon kreditornya juga kemampuan pengembang membangun rumah.

Enam hal di atas tentu sangat penting untuk Anda perhatikan sebagai pertimbangan sebelum membeli sebuah hunian. Lalu, adakah rekomendasi hunian yang telah memenuhi keenam hal tersebut? Jawabannya, tentu saja.

Anda tidak perlu bingung, karena di Jabodetabek, khususnya di Tangerang, ada satu rekomendasi hunian yang dapat Anda jadikan pilihan dalam mewujudkan cita-cita Anda memiliki hunian ideal dan berkualitas bagi keluarga serta dapat Anda jadikan investasi yang bagus di masa depan. Semua impian tersebut dapat Anda raih di Alam Sutera.

Didesain oleh Penulis
Didesain oleh Penulis
Penulis sendiri saat ini berdomisili di Kecamatan Balaraja, Kabupaten Tangerang. Cenderung sangat dekat dibandingkan dengan teman-teman Kompasianer lainnya yang berasal dari luar Jabodetabek, luar provinsi bahkan luar Pulau Jawa. Dan jujur saja, saya sudah beberapa kali mengunjungi kawasan Alam Sutera, baik ke kawasan residensial ataupun kawasan komersialnya, seperti Mall Living World Alam Sutera, The Flavor Bliss dan fasilitas rumah sakitnya, OMNI Hospitals yang juga sempat saya kunjungi.

Alam Sutera pertama kalinya diluncurkan pada tahun 1994, saat itu masih bernama PT Adhihutama Manunggal. Kemudian berganti nama menjadi PT Alam Sutera Realty Tbk pada 19 September 2007. Maka sejak itu, Alam Sutera Realty Tbk dikenal sebagai pengembang properti terintegrasi terkemuka di Indonesia, yang bisnisnya mencakup bidang pembangunan dan pengelolaan perumahan, kawasan komersial, pengelolaan pusat perbelanjaan, pusat rekreasi dan hospitaliti (pengembangan kawasan terpadu).

Kini, Alam Sutera telah dibangun di atas lahan seluas 800 ha, memiliki berbagai macam produk seperti landed houses, apartment, office, dan commercial. Hunian yang terdapat di Alam Sutera terdiri dari 37 residential cluster dan 3 gedung apartment, salah satu di antaranya merupakan yang terbaru bernama Lloyd Apartment.

Produk Alam Sutera. Sumber foto: www.alam-sutera.com
Produk Alam Sutera. Sumber foto: www.alam-sutera.com
Lloyd Apartment. Sumber foto: www.alam-sutera.com
Lloyd Apartment. Sumber foto: www.alam-sutera.com
Didesain oleh Penulis
Didesain oleh Penulis
Bundaran Jam Alam Sutera yang sangat ikonik. Sumber foto: www.99.co
Bundaran Jam Alam Sutera yang sangat ikonik. Sumber foto: www.99.co
Bagi penulis pribadi, yang sempat beberapa kali mengunjungi Alam Sutera, salah satu kelebihan yang dimiliki Alam Sutera adalah konsep ideal Healthy Living dan Go Green atau Green Cluster yang diusungnya. Dari awal melewati Bundaran Jam Alam Sutera yang sangat ikonik, lalu memasuki gerbang Alam Sutera, Anda akan langsung merasakan nuansa hijau dan asri di sepanjang jalan utama Alam Sutera. Jajaran pepohonan besar nan hijau dan rindang menghiasi sepanjang jalan utama, kawasan perumahan, dan juga kawasan komersial, orang-orang bersepeda beriringan pada jalurnya, asrinya taman-taman baik di dalam maupun di luar perumahan. Selain itu, adanya beberapa fasilitas umum yang tersedia seperti downtown lake, bus suteraloop, pasar bersih, dan berbagai fasilitas kesehatan, olahraga, serta pendidikan dan juga aplikasi e-Town. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x