Mohon tunggu...
fleo
fleo Mohon Tunggu...

sedikit memberi pencerahan

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi Pilihan

Bagaimana membangun ekonomi pertanian?

18 Januari 2019   12:49 Diperbarui: 30 Januari 2019   08:52 0 0 0 Mohon Tunggu...
Bagaimana membangun ekonomi pertanian?
Sumber : pinterest.com/tanjagotal

"...tongkat kayu & batu jadi tanaman." lirik lagu yang sangat memikat & seringkali membuat kita lupa diri. Selalu kita dengar bahwa, Indonesia adalah negeri yang kaya raya, sangat subur sebagai negara agraris. Mengapa disebut demikian? karena sebagian besar penduduknya bekerja di sektor pertanian

Jadi, dapat dikatakan bahwa pertanian nasional merupakan hajat hidup rakyat banyak, begitu menurut Undang-Undang Dasar negara.

Nah, pertanyaannya adalah kebijakan pertanian macam apa yang telah ditetapkan oleh pembuat kebijakan untuk meningkatkan produktivitas pertanian nasional? Mengapa petani 'dibiarkan' tidak memiliki pendidikan pertanian? 

Padahal pendidikan teknis pertanian yang sistematis merupakan salah satu kunci utama untuk meningkatkan produktivitas petani & inovasi pertanian.

Bagaimana kesejahteraan petani kita? Berapa kontribusi sektor pertanian kita terhadap PDB, ekspor? pertanian rakyatkah atau pertanian industri? Berapa juta potensi lapangan kerja yang bisa dibuat di sektor pertanian? 

Bagaimana caranya meningkatkan produktivitas lahan, kinerja petani & daya saingnya sekaligus? Apakah subsidi pertanian "menyehatkan" atau malah "membunuh" daya saing petani dalam jangka panjang?

So, skema subsidi seperti apa yang paling tepat? Sanggupkah petani Indonesia bersaing dalam ACFTA? Seperti apakah wujud cetak biru pertanian nasional untuk 30 tahun ke depan pada 2050? Kenapa jeruk impor dari China lebih murah & lebih menarik?

Terlalu banyak pertanyaan yang membuat kita ketakutan & semakin pesimis dengan pembangunan pertanian nasional. Oleh sebab itu, marilah kita pikirkan sejenak. 

Kita membaca sambil merenungkan betapa berharganya berkat Rahmat Tuhan YME terhadap kekayaan bumi Indonesia yang kita maknai sebagai bentuk amanah yang luar biasa besarnya.

Sudahkah negeri kita layak menyebut diri sebagai pengelola yang amanah, yang baik, & dapat dipercaya? Marilah kita mencermati negara2 yang sektor ekonomi pertaniannya memiliki kontribusi besar terhadap pembangunan negara seperti negeri Belanda, Thailand, Vietnam, dan China. 

Kita pikirkan, dan kaji kembali subsidi, dinamika, potensi-potensi, terobosan dan inovasi, serta kebijakan ekonomi pertanian bangsa kita secara konstruktif.

KONTEN MENARIK LAINNYA
x