Mohon tunggu...
Heli Resti
Heli Resti Mohon Tunggu... membagi inspirasi.

Small tiny things

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Jadilah Jawaban, Bayangin Auditor Internal Saat Pandemi Covid 19

9 April 2020   14:31 Diperbarui: 9 April 2020   14:39 597 0 0 Mohon Tunggu...

Jadilah Jawaban, hanyalah mengambil secuil syair sebuah lagu, yang hari ini diputar berkali di radio karena penyanyinya Glenn Fredly pergi selamanya dari dunia ini. Ikut merasakan kesenduan yang ada, apalagi ini terjadi pada saat masa berat pandemi corona ini.

Terlantun ...."Jadilah jawaban, jadilah harapan" ... bagian ini sungguh menyejukkan didengar. Dalam benak, lalu tergerak berpikir, bentuk apa dalam pekerjaan yang bisa mewujudkan menjadi jawaban.

Profesi pekerjaan saat ini sebagai auditor internal, yang dalam masa pandemi ini memang sedikit bimbang sementara waktu. Di saat pandemi para manajemen melakukan perubahan rencana dan keputusan dengan cepat, yang di garis depan mereka bergerak dengan tetap menjaga layanan. 

Sedangkan profesi auditor internal terbiasa dengan kegiatan untuk assurance yang sebagian besar berdasar pada transaksi dan kegiatan yang telah dilaksanakan. Dalam bahasa teorinya 'three lines of defence' memang ada di garda pertahanan terakhir perusahaan. 

Teori yang menempatkan auditor internal pada line of defence ke-tiga, yang bila dibahasakan secara sederhana adalah garda belakang, tugasnya bersih-bersih agar setiap kegiatan tidak ada yang berbau penyimpangan, fraud dan pemborosan dan semacamnya, yang dengan sengaja dilakukan. 

Posisi garda terakhir ini seperti menempatkan pada posisi dengan kontribusi sedikit dan tidak berdaya saat dihadapkan pada kecepatan pengambilan kebutuhan pandemi ini. Sisi lain, bila aktif, dengan ikutan menanbah prosedur ini-itu sebagai warning system, bukanlah kewenangan yang menjadi domain profesi auditor internal. 

Dan apalagi bila melakukan reviu sebelum dilakukan pengambilan keputusan, pastilah menjadi momok bagi manajemen, yang ingin cepat, jadi kawatir kecepatan terganggu, tambahan bottleneck, dsb, apalagi dengan stigma pekerjaan audit itu lebih cenderung rumit, detil dan lama. Bagaimana peran ini jadi bimbang, dan tidak menjadi beban.

Mendengar cuplikan lirik lagu tadi, membuat inspirasi dalam profesi khususnya pada masa pandemi corona ini dimana kecepatan sangat penting, namun juga tetap harus akuntabel. Penguatan yang bisa dilakukan profesi auditor internal adalah "jadilah jawaban". 

Sebagai profesi yang mengenali dengan sangat baik bagaimana governance, risk dan control, auditor internal harus aktif memberi jawaban ketiga aspek tersebut, memberi harapan bahwa secara akuntabilitas keputusan dan perubahan yang cepat dilakukan oleh  manajemen untuk the best interest of stakeholder yang utama, masyarakat, juga publik yang menunggu keputusan dan bantuan penanganan corona. 

Maka auditor internal, bersiaplah untuk proatif "Menjadi Jawaban" yang tepat dan relevan, kritis dan meaningful recommendation atas pertanyaan dan konsultansi yang dimintakan manajemen. Mengenali risiko tiap proses dengan baik sehingga jawaban auditor internal akan "Menjadi Harapan" bagi manajemen dan pengambil keputusan. 

"Jadilah Jawaban" menjadi jawaban atas peran profesi auditor internal di lini ketiga.

VIDEO PILIHAN