Mohon tunggu...
Widyani Putri
Widyani Putri Mohon Tunggu... Mahasiswi Fakultas Hukum Universitas Diponegoro

Hi, World!

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Undip Peringkat 2 PKM Lolos Pendanaan Terbanyak, Ini Lembaga Riset di Baliknya!

9 September 2020   23:02 Diperbarui: 9 September 2020   22:56 63 0 0 Mohon Tunggu...

Iklim Riset di UNDIP

Sebagai universitas yang memiliki  visi 'menjadi universitas riset yang unggul', sudah menjadi hal yang wajar jika nama UNDIP selalu tercantum dalam daftar universitas terbaik di bidang riset. Tahun ini misalnya, UNDIP mendapatkan peringkat dua sebagai universitas dengan jumlah proposal PKM 2020 lolos pendanaan terbanyak, yaitu 128 proposal.

Akan tetapi, menganggap itu sebagai hal yang sudah semestinya terjadi rasanya akan melukai segala upaya yang ada dibaliknya. Yap! Dibalik keberhasilan pasti ada usaha yang cerdas untuk mewujudkannya.  Saya bilang cerdas karena zaman sekarang kerja cerdas lebih diperhitungkan daripada sekedar kerja keras.

Atas dasar alasan di atas, yuk simak uraian di bawah ini!

Lembaga Riset Mahasiswa

Salah satu yang menjadi ujung tombak berkembangnya iklim riset di UNDIP adalah lembaga riset, khususnya lembaga riset mahasiswa. Hah?! Apaan tuh? Kumpulan mahasiswa yang melakukan riset?

Hmm, ga persis kayak gitu sih. Celetukan itu tidak sepenuhnya salah, karena biasanya lembaga riset adalah tempat orang-orang yang mendalami riset itu berkumpul untuk melakukan sesuatu yang ada kaitannya dengan riset. Bisa dibilang lembaga ini adalah wadah bagi mereka untuk berprestasi, berdiskusi, dan ekosistem yang dapat mendukung mereka.

Lembaga riset mahasiswa yang dimaksud disini adalah setiap organisasi/lembaga mahasiswa yang memfokuskan diri pada riset, termasuk pe-numbuh-kembang-an, pemberdayaan, dan pengkaderisasian riset itu sendiri. Contoh gampangnya nih, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM). 

Baik itu BEM Universitas maupun BEM Fakultas, pasti ada bidang riset, bidang riset dan keilmuan, bidang penalaran dan keilmuan, atau bisa jadi menggunakan istilah lain yang intinya merepresentasikan 'bidang yang bertanggungjawab terhadap riset'. Selain itu, ada juga UKM-UKM yang memfokuskan diri ke pilar-pilar riset, misalnya UKM debat, LKTI, mawapres, dst.

Peran Lembaga Riset Mahasiswa UNDIP

Lantas, mengapa kemudian lembaga-lembaga riset ini memegang peran penting dalam iklim riset di UNDIP? Simak beberapa alasannya di bawah ini.

  • Penggerak Riset

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x