Mohon tunggu...
Fitry Anggraini
Fitry Anggraini Mohon Tunggu... Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta

find me on Instagram : Fitryy016

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Persepsi dan Budaya

25 September 2020   12:55 Diperbarui: 25 September 2020   12:57 86 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Persepsi dan Budaya
Sumber: Pinterest

Kergaaman budaya yang ada di Indonesia, merupakan salah satu bukti yang menunjukan bahwa Indonesia kaya akan ragam budaya. Hal tersebut dapat dilihat dari aspek sosial, budaya, ekonomi, warisan, dan sebagainya. Keragaman budaya memberikan dampak positif dan juga negatif bagi kemajuan Indonesia.

Dengan memanfatkan Teknologi dan mengkombinasikannya dengan budaya, maka memberikan sebuah keuntungan yaitu, budaya Indonesia ‘go internasional’. Selain itu kita dapat melihat bagaimana dampak buruk, yang terjadi dalam proses penafsiran oleh individu yang memiliki budaya yang berbeda. Proses penafsiran yang ada pada individu, terjadi karena adanya perbedaan persepsi yang berbeda beda. Persepsi terjadi atas adanya Atensi (perhatian), pengindraan (sensasi), dan Interpretasi.

Untuk melihat permasalahan tersebut dapat kita lihat dalam tanggapan mengenai persepsi pada gambar dibawah ini.

apa yang kalian pikirkan saat melihat ilustrasi ini?

  1. Rasisme kulit putih dan gelap, ada orang yang berpendapat jika ini merupakan cerminan orang berkulit putih, selalu lebih baik dibandingkan orang berkulit gelap, selalu mendapatkan perlakuan yang buruk.
  2. Perbedaan ekonomi yang menonjol, ilustrasi pada karakter yang terdapat pada sisi diatas gambaran dari ekonomi yang tidak mampu, sebaliknya yang dibawah berasal dari keluarga mampu.
  3. Dari pandangan fisik, Orang lemah dan kuat, sehat dan sakit.

Banyak persepsi terbentuk melalui ilustrasi yang ditujukan, berhubungan dengan aspek budaya, sosial, geografi, ekonomi, dan masih banyak hal lainnya. Tetapi, masih banyak respon dari setiap inidvidu yang memberikan dampak negatif melalui ilustrasi ini. Bagaimana dengan respon positif dari gambar ini ?

Ilustrasi yang ada, dapat dijadikan sebagai ajakan untuk masyarakat agar tidak membeda bedakan orang melalui warna kulit, dan jangan melihat seseorang dari kondisi dan ekspresi, karena kita tidak bisa menentukan masa depan seseorang.

Dalam ilustrasi ini kita bisa melihat perjuangan yang dilakukan oleh orang yang berkulit gelap, bahwa ia sanggup, kuat dan mampu bertahan dengan kondisi yang ia alami, Bagaimana dengan karakter yang berkulit putih, apakah ia mampu bertahan seperti karakter berkulit gelap ? maka dari itu, ayo bersama sama membangun hal dan tindakan positif agar Indonesia tetap dinamis. Dengan saling menghargai dan berkehidupan humanis.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x