Mohon tunggu...
FITRIYANI
FITRIYANI Mohon Tunggu... Mahasiswa - PERPUSTAKAAN DAN SAINS INFORMASI 19 UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA

saya suka hidup.

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Mahasiswa KKN Tematik UPI Melakukan Pendampingan, Edukasi, dan Sosialisasi Kepada Masyarakat Melalui Lembaga Posyandu

7 Agustus 2022   22:09 Diperbarui: 7 Agustus 2022   22:18 115 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
salah satu anggota kel 139 mendampingi BALITA saat mengukur tinggi badan (Dokpri)

Kuliah Kerja Nyata Universitas Pendidikan Indonesia th 2022 kali ini mengangkat tema  "Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Sustainable Development Goals (SDG's)". Dari 17 subtopik SDG's, kelompok KKN 139 mendapatkan topik mengenai "Desa Sehat Dan Sejahtera" dengan dosen pembimbing lapangan bapak Dr. H. Abubakar., M.Pd Meskipun sudah terbagi dalam kelompok satu wilayah, tetap mengharuskan tiap mahasiswa memiliki program kerja masing masing. Salah satu tema yang bisa diambil dari "Desa Sehat Dan Sejahtera" adalah mengenai partisipasi generasi muda untuk meningkatkan kesehatan di lembaga posyandu dan permasalahan mengenai rokok

Dikuti dari (Departemen Kesehatan RI. 2006) Posyandu merupakan salah satu bentuk Upaya Kesehatan Berbasis Masyarakat (UKBM) yang dikelola dan diselenggarakan dari, oleh, untuk, dan bersama masyarakat dalam penyelanggraan pembangunan kesehatan guna memberdayakan masyarakat dan memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan dasar/sosial dasar untuk mempercepat penurunan Angka Kematian Ibu dan Bayi. 

Sehingga setiap posyandu membutuhka peran dari masyarakat untuk membantu mensukseskan dan menjalankan program posyandu agar daat berjalan dengan lancar, dan berguna bagi masyarakat.Pada kegiatan KKN kali ini, kelompok 139 melakukan 2 kegiatan yang berhubungan dengan tema "desa sehat sejahtera" dengan posyandu sebagai tujuan serta anak dan ibu sebagai sasaran kelompok 139. Terdapat 2 kegiatan utama, kegiatan 1 merupakan kegiatan bersama secara kelompok dan kegiatan ke 2 merupakan kegiatan yang berasal dari program kerja masing masing.

Kegiatan 1 yaitu berjudul "partisipasi generasi muda untuk meningkatkan kesehatan di lembaga posyandu ." Kami kelompok 139 yang mulanya berjumlah 30 orang, kemudian lebih diperkecil menjadi 5 orang. kami melakukan pendampingan dan pendataan pada program posyandu. Posyandu dilangsungkan pada hari Senin tanggal 25 juli 2022 bertepatan di pos posyandu Melati 2 RW 01, Jakarta Barat, Posyandu dihadiri oleh 75 balita yang berasal dari RT 02,03, 09. 

Kemudian pada hari Selasa 26 juli 2022 bertepatan di pos posyandu melati 5 RW 01, Jakarta barat yang dihadiri oleh kurang lebih 60 balita yang berasal dari RT 10 dan yang terakhir posyandu melati 3 yang dilangsungkan pada hari Rabu, 27 juli 2022 bertepatan di lingkungan RW 01  dan dihadiri oleh kurang lebih 70 balita. Acara posyandu dimulai pukul 07.00 dan berakhir pukul 12.00. 

Selama posyandu berlangsung banyak hal yang dijumpai dan informasi baru yang diterima baik oleh mahasiswa maupun para ibu yang datang ke posyandu. Sebagai mahasiswa yang sedang KKN tentunya harus melakukan semua kegiatan dengan semangat, ceria, tepat dan benar sehingga dapat menjaga nama baik diri sendiri, dan nama baik universitas. 

Alur kegiatan dimulai saat ibu dan anak mulai masuk pos posyandu, saat itu  setiap mahasiswa sudah dibagi tugasnya masing masing yakni untuk melakukan pengawasan, pendampingan, dan pendataan. dimulai dari mengawasi, mendata dan mendampingi tinggi dan berat badan anak dengan kertas kecil yang sudah diberikan. 

Pendampingan, pendataan dan pengawasan dilakukan agar tepat dan sesuai sehingga saat pendataan KMS dan Data penting lainnya nanti dapat terliat progres tumbuh kembang anak dan tak terjadi kesalahan. 

Selain itu, anak yang masih dalam kategori BALITA, kebanyakan masih butuh pendampingan dan arahan saat mengukur tinggi dan menimbang berat. Bahkan, sering kali terdapat anak yang takut untuk datang ke posyandu karena mengira akan disuntik oleh bidan, seperti yang dialami oleh salah satu orang tua di posyandu melati 5

"maaf ya, anak saya suka kabur kaburan kalau dibawa ke posyandu, takut disuntik katanya"

Pada usia BALITA tentunya anak masih pada kondisi malu, dan takut bertemu banyak orang, sehingga ketika diarahkan mereka menangis atau bersembunyi dibalik ibu mereka, jika hal tersebutt terjadi maka perlu kreativitas dari mahasiswa untuk menghibur, mencari cara dan mendekatkan diri kepada anak agar anak bersedia untuk menimbang berat badan dan mengukur tinggi badan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan