Mohon tunggu...
Fitriyani
Fitriyani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Pendidikan IPS Universitas Pendidikan Indonesia

Hobi mendengarkan musik, olahraga, membaca, dan mendesain media digital

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas Pilihan

Sosialisasi Mental Health pada Remaja Siswa SMP

8 Agustus 2022   03:50 Diperbarui: 8 Agustus 2022   06:25 242 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Sumber: Dokumen Pribadi

Senin, 05 Agustus 2022 

Dr Lauren Fogel Mersy mengungkapkan bahwa mampu menjadi diri sejati adalah salah satu komponen terkuat dari kesehatan mental yang baik.

Desa Negla RT 05 RW 04 terletak di dataran tinggi salah satunya berada di Kota Bandung bagian utara dibawah administrasi Kelurahan Isola Kecamatan Sukasari Bandung. 

Desa Negla ditempati oleh ribuan penduduk baik itu pribumi maupun pendatang dan banyak kostan-kostan di daerah ini karena letaknya yang berdekatan dengan kampus UPI Bandung. Kemudian Negla di bagi dalam tiga wilayah yaitu Negla Hilir, Negla Tengah dan Negla Pojok dengan pembagian sembilan RT di bawah naungan RW 04.

Lalu terdapat sekolah TK YASPIMI, SD dan SMP Islam serta Madrasah Diniyah Miftahul Iman dan masjid terbesar di RW 04 yakni Masjid Jami Miftahul Iman. Karena desa negla daerah perkotaan maka dari itu Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)  mengadakan kegiatan KKN (Kuliah Kerja Nyata) dengan tema "Desa Pemukiman Kawasan Aman dan Nyaman". 

Tujuan dari penelitian ini yaitu sosialisasi Mental Health, dimana sosialisasi ini memberikan gambaran pengetahuan dan pemahaman kepada peserta didik mengenai seputar kesehatan mental pada remaja yang ada di SMP Miftahul Iman.

Kesehatan mental adalah keadaan sejahtera dimana seseorang menyadari kemampuannya sendiri, dapat mengatasi tekanan hidup yang normal, dapat bekerja secara produktif dan mampu memberikan kontribusi kepada komunitasnya. 

Mental Health atau kesehatan mental sangat penting dan vital bagi seorang individu karena itu mempengaruhi bagaimana kita merasa, berpikir, emosi, berinteraksi satu sama lain, mencari nafkah dan menikmati hidup, dan sangat penting bagi individu maupun komunitas dan masyarakat di seluruh dunia. Oleh karena itu, Mental Health atau Kesehatan Mental lebih dari sekedar ketiadaan gangguan jiwa atau kecacatan. 

Mental Health atau Kesehatan mental yang buruk terkait dengan perubahan sosial yang cepat, kondisi kerja yang penuh tekanan, diskriminasi gender, pengucilan sosial, gaya hidup tidak sehat, kesehatan fisik yang buruk, dan pelanggaran hak asasi manusia.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan