Mohon tunggu...
Fitriyani Fitriyani
Fitriyani Fitriyani Mohon Tunggu... fitriyani

Perbanyaklah berdoa jadilah yang paling diam dan paling tenang.

Selanjutnya

Tutup

Otomotif

Cara Mengemudi Mobil Manual Saat Keadaan Macet di Tanjakan

20 November 2020   20:42 Diperbarui: 20 November 2020   20:48 25 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Cara Mengemudi Mobil Manual Saat Keadaan Macet di Tanjakan
otomania.gridoto.com

Fitriyani -

Sabtu, 21 November 2020

Mengatur gas mobil dalam keadaan macet diposisi jalan yang menanjak merupakan hal yang jarang drivers kuasai terlebih dalam keadaan jalan yang macet. Jalan yang macet dan menanjak biasanya terjadi dimusim liburan dengan tujuan kearah yang berdataran tinggi. Mengemudi mobil saat ditanjakan merupakan hal yang harus terkuasai oleh para drivers, karena hal ini merupakan hal penting demi keamanan dan kenyamanan saat berkendara. Bagaimana caranya ? langsung saja simak, cara-cara berikut :

  • Mengendalikan rem tangan
  • Posisi dalam keadaan dijalan menanjak, ketika berhenti jangan lupa injak rem baik rem tangan maupun rem bawah. Cara pertama menggunakan hand rem (rem tangan, Tarik hand ram penuh pastikan mobil tidak mundur ke kebelakang, teken kopling dan pindahkan gigi trasnmisi ke nomor 1 kemudian angkat kopling secara perlahan sampai mobil getar dan isi gas sedekit mendekati RPM 1000 lepas hand rem perlahan dan tambah gas sampai mobil berjalan.
  • Mengendalikan kopling, ram dan gas
  • Cara yang kedua, bermain kopling, rem dan gas. Pertama injak kopling dan rem kaki secara penuh, pindahkan gigi transimisi ke gigi 1 kemudian angkat kopling sampe mobil terasa bergetar selanjutnya kaki kanan yang menginjak rem pindah ke gas secara perlahan. Adapun dengan cara merangkak hanya menggunakan gas dan kopling, dengan menggunakan setengah kopling, tapi jangan terlalu sering melakukan penggunaan kopling setengah, karena akan menyebabkan penipisan kampas.

Pastikan ketika melakukan hal diatas tetap kita fokus !

Sumber : (Mas Zidni)

VIDEO PILIHAN