Mohon tunggu...
Fitriyani Fitriyani
Fitriyani Fitriyani Mohon Tunggu... fitriyani

Perbanyaklah berdoa jadilah yang paling diam dan paling tenang.

Selanjutnya

Tutup

Otomotif

5 Tips agar Mahir Mengendarai Mobil Manual untuk Pemula Taat Aturan

19 November 2020   23:52 Diperbarui: 20 November 2020   00:06 48 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
5 Tips agar Mahir Mengendarai Mobil Manual untuk Pemula Taat Aturan
businessinsider.com

- Fitriyani -

Mengendarai mobil adalah suatu hal yang penting dan banyak diminati oleh kalangan dewasa saat ini baik perempuan maupun laki-laki. Banyak kalangan dewasa yang mengikuti kursus mengendarai mobil agar menjadi pengemudi yang baik dan patuh terhadap aturan. Langsung saja simak, tips dari saya yang akan memberikan informasi mengenai 5 tips supaya mahir dalam mengendarai mobil manual untuk pemula taat aturan, diantaranya :

1. Tahap pengenalan dasar dalam mengendari mobil, harus anda pahami terlebih dahulu, diantaranya :

Kunci kontak (kunci) masukan kontaknya pastikan dalam keadaan posisi nol kemudian putar searah jarum jam satu kali. Pada posisi ini fungsi kelistrikan dasar sudah menyala seperti audio, namun power window belum menyala, nahh... putar sekali lagi seaarah jarum jam untuk menyalakan fungsi kelistrikan secara keseluruhan sampe mobil menyala. Tanda mobil sudah menyala jarum RPM (sebelah kiri dari kilometer) naik mendekati angka 1000.

Sebelum, memulai untuk mengendarai mobil, pastikan anda pasang sabuk pengaman (biasakan walaupun jarak yang ditempuh tidak jauh) wajib!

Selanjutnya setir, cara memegang setir yang baik itu seperti apa ? yaitu posisi tangan kanan berada di jam 3 dan posisi tangan kiri berada di jam 9, karena dalam posisi seperti ini tangan mempunyai tenaga untuk menopang badan, ketika tiba-tiba rem mendadak.

Tuas lampu, berada dibawah setir sebelah kanan (disana ada lampu send kanan-kiri, untuk menyalakannya arahkan kebawah untuk kanan, kiri ke atas dan untuk menetralkan simpan diposisi tengah. Selain lampu send ada juga lampu senja, lampu malam dan lampu kabut dll).

Tuas wiper, berada dibawah setir sebelah kiri. Kegunaannya untuk menyapukan air ketika sedang hujan, wiper digunakan dengan cara diarahkan keatas dan kebawah apabila diarahkan satu kali keatas wiperpun bekerja hanya sekali, jika diarahkan kabawah satu kali wiper akan bekerja dengan jeda waktu kurang lebih 3-5 detik, ditambah kebawah satu lagi biasanya digunakan saat keadaan hujan normal, dan apabila dikebawahkan satu kali lagi biasanya digunakan saat hujan deras sekali, serta untuk mematikannya cukup diarahkan dua kali keatas.

Rem tangan (hand rem), biasanya digunakan saat berhenti diparkiran caranya angkat atau tarik, untuk mengembalikannya tekan terlebih dahulu tombolnya baru dikebawahkan.

Pedal, pada mobil manual terdapat tiga pedal namun pada mobil metic terdapat dua pedal. Pedal kanan untuk gas, tengah rem dan kiri untuk kopling (mobil manual).

Gigi trasnmisi ada 1-2-3-4-5 dan R mundur, untuk memulainya pastikan dalam keadaan netral terlebih dahulu, selanjutnya untuk memindahkan gigi 1 pastikan teken kopling dan rem kemudian pindahkan gigi 1 dengan cara mengarahkannya ke samping kiri atas (angka 1). Cara memindahkan gigi transimisi dalam mobil anda tidak harus berurutan, bisa langsung meloncat, misal dari 1 langsung ke 3, sesuaikan dengan kecepatan anda mengendarai mobil dan untuk menetralkan anda hanya tinggal arahkan ke tengah. Serta untuk mundur dari netral teken kopling arahkan ke pojok bawah kanan (arahkan ke huruf R). (Sumber : Pandu Dewanata).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN