Assalamualaikum wr wb
Pada tulisan kali ini, saya akan menjelaskan Filsafat Pendidikan materi aliran perennialisme beserta tokohnya.
1- Aliran Perennialisme
Perennialisme merupakan suatu aliran dalam pendidikan yang lahir pada abad ke-20. Aliran ini lahir dari suatu reaksi terhadap pendidikan progresif. Perennialisme sendiri menentang pandangan progresivisme yang menekan perubahan dan suatu yang baru. Aliran ini juga memandang situasi dunia dewasa ini penuh dengan kekacauan, ketidakpastian (moral, intelektual dan sosio-kultural)
Perennialisme memandang bahwa kepercayaan-kepercayaan aksiomatis zaman kuno dan abad pertengahan perlu dijadikan dasar penyusunan konsep filsafat dan pendidikan zaman sekarang. Aliran ini membicarakan tentang nilai kebenaran, nilai ini sudah ada pada setiap budaya yang ada pada masyarakat.
Esensi kepercayaan aliran perennialisme adalah berpegang pada nilai-nilai atau norma-norma yang bersifat abadi.
Sasaran pendidikan adalah kemampuan menguasai prinsip kenyataan, kebenaran dan nilai-nilai abadi dalam arti tidak terikat oleh ruang dan waktu.
2-Tokoh-tokoh aliran perennialisme
a) Plato
Ia hidup pada zaman kebudayaan yang sarat dengan ketidakpastian yaitu filsafat sofisme. Plato menginginkan dunia yang ideal tertib sejahtera dan menuju kepada kebaikan. Dunia ideal bersumber dari ide mutlak yakni Tuhan.
b) Aristoteles