Mohon tunggu...
Fitri WS Siahaan
Fitri WS Siahaan Mohon Tunggu... Mahasiswa

Berbagi itu Indah

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Tetap Efektif Belajar Online dengan 5 Langkah

4 Maret 2021   22:20 Diperbarui: 4 Maret 2021   22:31 53 0 0 Mohon Tunggu...

Dampak penyebaran pandemi COVID-19 di Indonesia membuat banyak sekolah maupun Perguruan Tinggi memutuskan untuk meniadakan kegiatan belajar mengajar secara tatap muka dan menggantinya dengan metode belajar jarak jauh di rumah secara daring. Hal tersebut diterapkan untuk membatasi interaksi fisik secara langsung guna menekan penyebaran virus agar tidak semakin meluas.

Sebagian besar kita mungkin mengalami banyak perubahan cara belajar. But it's okay. In the midst of calamity, a huge lifestyle change is expected. Semua orang mengalaminya, bukan? Agar tak terlalu gagap, ada beberapa poin penting berikut ini – yang dapat membantumu belajar daring dengan lebih maksimal.  

1. Kenali Apa Tujuanmu Belajar

Dari setiap kegiatan yang dilakukan, sebenarnya apa yang Sobat ingin capai? Tentu ada tujuannya, bukan? Begitu pula dengan belajar. Apakah sekedar mengerjakan tugas yang diberikan guru? Apakah mempersiapkan Ujian Akhir Semester? Apakah mengulang persiapan Ujian Nasional? Atau lebih jauh lagi, mempersiapkan UTBK?

2.  Kelola waktu dengan baik
Atur waktu belajar Anda agar Anda tidak mengulur-ulur waktu dalam mengerjakan tugas. Biasakan fokus dan mengerjakan tugas di awal waktu. Komitmen pengerjaan tugas tentunya akan lebih mudah dilakukan jika pihak sekolah atau perguruan tinggi menetapkan batas waktu pengerjaan tugas kepada peserta didik.

3. Komunikasi dengan pengajar dan teman belajar
Meskipun Anda belajar dengan jarak jauh dari pengajar, bukan berarti Anda bebas bersantai dan menunda tugas yang diberikan lho. Tetap jaga komunikasi dengan pengajar dan teman belajar. Jika dibutuhkan, Anda juga bisa mengadakan grup chat khusus untuk membahas tugas yang diberikan. Selain itu, Anda juga bisa melaporkan tugas setiap harinya kepada pengajar.

4. Belajar di Tempat Khusus

Agar makin efektif belajar daring dari rumah, kita membutuhkan satu spot atau tempat khusus untuk belajar saja. Semakin sedikit distraksi yang ada disekitar tempat tersebut, semakin efektif pula kegiatan belajar kita. Distraksi belajar di rumah bisa berupa suara televisi ataupun yang lain, sesuai dengan kondisi rumah kita masing-masing.

Belajar di tempat khusus juga membantu kita mudah berkonsentrasi. Setiap kali berada di tempat tersebut, otak kita akan 'terprogram' untuk siap belajar. Karena terbiasa dengan situasi tempat belajar, kita tak butuh banyak waktu untuk memulai konsentrasi belajar.

5. Menjaga Motivasi dan Kesehatan

Belajar dari rumah secara daring belum menjadi kebiasaan atau budaya kita secara masif. Bila kita belum terbiasa betul, kemudian tiba-tiba harus belajar daring karena keadaan khusus seperti sekarang ini, mudah sekali kita mendapat kesan bahwa belajar daring terasa santai.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN