Mohon tunggu...
Fitri Nuraini
Fitri Nuraini Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Hallo, saya Fitri Nuraini mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

KKN Tematik UPI Membantu Persiapan MPLS SD Negeri 177 Cipedes

4 Agustus 2021   01:00 Diperbarui: 4 Agustus 2021   01:01 319
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pandemi Covid-19 masih berlangsung di Indonesia akibatnya segala aktivitas terhambat termasuk kegiatan di bidang pendidikan. Tetapi pandemi ini tidak menghalangi SDN 177 Cipedes untuk melaksanakan MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) secara daring dalam rangka menyambut dan mengenalkan siswa baru terhadap lingkungan dan kehidupan yang ada di sekolah.

Senin, (19/07/2021) tepat pukul 08.00 WIB dimulailah pembukaan MPLS secara daring melalui aplikasi Google Meet. MPLS ini diikuti oleh 40 siswa baru kelas 1 yang terbagi menjadi dua kelas dan akan berlangsung selama tiga hari hingga tanggal 22 Juli 2021 karena terpotong tanggal 20 Juli 2021 yang merupakan hari raya Idul Adha 1442 H.

Kegiatan hari pertama MPLS diawali dengan pembukaan oleh Ibu Suhaeti, S.Pd. wali kelas kelas 1 yang berperan menjadi MC pada kegiatan ini. Selanjutnya, sambutan oleh Ibu Yuningsih, S.Pd. selaku kepala sekolah serta Ibu Enung Rositini sebagai Komite SDN 177 Cipedes. 

Hari pertama MPLS difokuskan untuk perkenalan guru-guru serta pengenalan sekolah melalui penayangan video yang dibuat oleh mahasiswa KKN UPI. 

Para siswa baru mengikuti MPLS ini dengan penuh antusias. 

Proses pembuatan video untuk ditayangkan pada kegiatan MPLS ini dilakukan oleh mahasiswa KKN dengan semaksimal mungkin mengingat kegiatan MPLS dilakukan secara daring maka penayangan video sangatlah penting dalam mengenalkan lingkungan sekolah pada siswa baru.

Berdasarkan peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 18 Tahun 2016, tujuan dari pengenalan lingkungan sekolah antara lain:

  • Mengenali potensi diri siswa baru.
  • Membantu siswa baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya antara lain: aspek keamanan, fasilitas umum, dan sarana dan prasarana sekolah.
  • Menumbuhkan motivasi, semangat, dan cara belajar efektif sebagai siswa baru.
  • Mengembangkan interaksi positif antar siswa dan warga sekolah lainnya.
  • Menumbuhkan perilaku positif antara lain kejujuran, kemandirian, sikap saling menghargai, menghormati keanekaragaman dan persatuan, kedisiplinan, hidup bersih dan sehat untuk mewujudkan siswa yang memiliki nilai integritas, etos kerja, dan semangat gotong royong.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun