Mohon tunggu...
Fitriyah
Fitriyah Mohon Tunggu... Freelancer - Freelancer

Menulis adalah cara untuk berbagi.

Selanjutnya

Tutup

Financial Pilihan

Pendapatan Meningkat Melalui Digitalisasi UMKM

16 Desember 2022   22:37 Diperbarui: 16 Desember 2022   22:53 82
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pasar.id bentuk digitalisasi untuk UMKM. Dokpri

Usaha Mikro Kecil Menengah atau biasa disebut UMKM memiliki peranan penting serta menjadi pilar dalam pertumbuhan sektor ekonomi di Indonesia. UMKM dinilai membantu memudahkan masyarakat untuk memenuhi segala kebutuhan baik pokok maupun kebutuhan sekunder. 

Menurut Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia dalam Siaran Pers pada 1 Oktober 2022 bahwa peran UMKM sangat besar untuk pertumbuhan perekonomian di Indonesia, dengan jumlahnya mencapai 99% dari keseluruhan unit usaha. Kontribusi UMKM terhadap PDB juga mencapai 60,5%, dan terhadap penyerapan tenaga kerja adalah 96,9% dari total penyerapan tenaga kerja nasional.

M. Rudy Salahuddin, Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Digital Ketenagakerjaan, dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah mengungkapkan bapak Presiden meminta agar ada 30 juta UMKM yang go digital di 2024 mendatang. Hal ini menjadi dasar penting bahwa UMKM harus mengikuti perkembangan jaman dengan go digital agar pelaku UMKM dapat mendongkrak pendapatan agar lebih tinggi serta dapat menjangkau jaringan pemasaran yang lebih luas. Go digital tidak akan berjalan apabila tidak ada dukungan dari pemerintah terkait, serta dari sektor swasta maupun lembaga keuangan.

Saat Pandemi Covid-19 menyebar di Indonesia memberikan dampak luar biasa bagi keberlangsungan UMKM seperti penurunan pendapatan hingga harus melakukan pengurangan karyawan. Demi mempertahankan usaha, berbagai upaya dilakukan termasuk melakukan digitalisasi UMKM. PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI salah satu lembaga yang telah menempuh HUT127BRI mempunyai perhatian terhadap UMKM dengan membuka platform digital untuk membantu pengusaha UMKM menjalankan usahanya di masa sulit akibat pandemi. 

Digitalisasi UMKM adalah perubahan sistem konvesional ke digital dan bukan sekedar menggunakan teknologi untuk menjual produk tapi untuk mengatur keuangan, memantau cash flow hingga memperoleh bahan baku secara online.

BRI secara konsisten mendorong pemberdayaan UMKM dengan menghadirkan layanan perbankan berorientasi melalui digitalisasi. Salah satu produk digitalisasi BRI adalah PASAR.ID yang merupakan wujud nyata solusi BRIPahlawanFinansial kepada pengelola dan pedagang pasar berupa website yang berisikan informasi pedagang dan barang dagangannya, yang dapat diakses secara luas dengan menghubungkan pedagang dan pembeli untuk bertransaksi secara online tanpa tatap muka.

Sumber: Bri.co.id
Sumber: Bri.co.id

Ada berbagai manfaat yang didapatkan dari digitalisasi UMKM, yaitu dapat memperluas jaringan pemasaran, mempermudah konsumen melakukan transaksi, meningkatkan pendapatan dan UMKM akan mampu beradaptasi menuju tren belanja online.

Selain itu, sebagai wujud apresiasi kepada pelaku UMKM, BRI menyelenggarakan BRILianpreneur yang merupakan event dengan tujuan menampilkan hasil karya produk-produk terbaik UMKM Indonesia. Rangkaian program tersebut dirancang sebagai upaya mempertemukan UMKM di seluruh Indonesia dengan para buyer internasional.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun