Mohon tunggu...
Fitria Ratnawati Education
Fitria Ratnawati Education Mohon Tunggu... Berbagi Pengalaman apa saja yang berkaitan dengan dunia pendidikan yang kreatif dan berinovasi.

Lahir di Aceh Utara tepatnya di Desa Batuphat Timur pada tanggal 13 Desember 1981 silam. Anak dari pasangan bapak Sugiatno dan Ibu Nurifah. Menikah pada tahun 2000 dengan seorang Anggota TNI-AD bernama Raden Mahmud. Anak pertama bernama Elvira Istiqamah, anak kedua bernama Suci Raidhatu Hikmah, anak ketiga Raden Muhammad Istiqlal, dan anak keempat bernama Raden Muhammad Al-Farizy. Berdomisili di Provinsi Aceh Kabupaten Gayo Lues. Prestasi yang telah diraih - Menjadi juara 1 dalam ajang Cipta Puisi di Festival Sastra Indonesia tahun 2020. - Menjadi penulis terbaik dalam ajang Quotes Indonesia Tahun 2020. - Penulis Cerpen terbaik dengan tema Twins Tahun 2020. Memiliki buku solo 1. Berjudul “Menjadi Orang Beruntung” Tahun 2020, 2. Berjudul “Kisah Kasih dan Takdir” Tahun 2020 3. Berjudul “Gayo Sang Pemikat” Tahun 2020. Beberapa Buku Antologi Puisi dan Cerpen 1. Berjudul “Penuh Cinta”. 2. Berjudul “Paling Berharga”. 3. Berjudul “Nada Cinta”. 4. Berjudul “The Magic Of Inspiration”. 5. Berjudul “Saat-Saat Bersama” 6. Berjudul “Selagi Ada Mimpi” Aktif dalam kegiatan - Sebagai Guru Inti di Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) Tahun 2019 - Sebagai Anggota Asosiasi Guru Penulis di PGRI Kabupaten Gayo Lues Periode 2021-2024 - Sebagai Pelatih OSN Matematika tingkat Kabupaten Gayo Lues Tanhun 2011 sampai dengan tahun 2012 Memiliki akun sosial media Instagram @fytria_rw, Facebook @fitriaratnawati Youtube https://youtube.com/channel/UC9yf0k70TtmA_HgIfDf8LyQ

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Pilihan

Keistimewaan Usia 40 Tahun

1 Mei 2021   10:30 Diperbarui: 1 Mei 2021   10:30 80 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Keistimewaan Usia 40 Tahun
Keistimewaan Usia 40 Tahun (Dokpri)

Tak terasa usia yang aku lalui kini telah memasuki kepala empat. Memasuki tahun 2021 ini pikiran dan emosi semakin setabil dan lebih tenang. 

Sebuah ketenangan jiwa yang lambat laun semakin memasuki masa dewasa serta matang.

Banyak ulama berkata tentang sebuah keistimewaan di usia empat puluhan, dan ada beberapa himbauan untuk selalu warning dalam usia tersebut.

Usia empat puluh adalah usia yang matang. Usia 40 tahun disebut istimewa karena disebut secara khusus dalam al-Quran dalam al-Ahqaf 15. Berarti ada rahasia yang terkandung di dalamnya.

Istimewanya Usia 40 Tahun

Menurut para ahli tafsir, usia 40 tahun disebut pada ayat ini, karena manusia mencapai puncak kehidupannya. Baik secara fisik, intelektual, emosional, karya, maupun spiritualnya.

Orang yang berusia 40 tahun benar-benar telah meninggalkan masa mudanya. Apa yang dialami pada usia 40 seringkali sifatnya stabil, mapan, dan kokoh. Karenanya, perilaku di usia ini akan menjadi ukuran manusia pada perjalanan hidup berikutnya.

Ada banyak keistimewaan yang ditunjukkan dalam sejarah Islam tentang usia 40 tahun ini. Dalam al-Qashash 14 disebutkan, "Dan setelah Musa cukup umur dan sempurna akalnya, Kami berikan kepadanya hikmah (kenabian) dan pengetahuan."

Imam Ath-Thabari dalam tafsirnya menjelaskan ayat ini, "Sudah tiba waktunya bagi Musa untuk memiliki kekuatan dan keperkasaan yang paling prima. Itulah puncak keadaan dirinya yang dia tidak mungkin lagi untuk mengulanginya ataupun memilikinya lagi setelah itu berlalu. Itulah penghabisan masa muda, masa sempurnanya badan dan kejernihan pemahaman."

Kecerdasan Nabi Musa

Ibnu Abbas mengatakan, "Ketika Musa mencapai umur bidh'an wa tsalastina sanatan (33-39), dia diberi kepahaman, kecerdasan, dan ilmu agama sebelum diangkat sebagai nabi dan rasul."

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x