Mohon tunggu...
Fitria Ratnawati Education
Fitria Ratnawati Education Mohon Tunggu... Berbagi Pengalaman apa saja yang berkaitan dengan dunia pendidikan yang kreatif dan berinovasi.

Lahir di Aceh Utara tepatnya di Desa Batuphat Timur pada tanggal 13 Desember 1981 silam. Anak dari pasangan bapak Sugiatno dan Ibu Nurifah. Menikah pada tahun 2000 dengan seorang Anggota TNI-AD bernama Raden Mahmud. Anak pertama bernama Elvira Istiqamah, anak kedua bernama Suci Raidhatu Hikmah, anak ketiga Raden Muhammad Istiqlal, dan anak keempat bernama Raden Muhammad Al-Farizy. Berdomisili di Provinsi Aceh Kabupaten Gayo Lues. Prestasi yang telah diraih - Menjadi juara 1 dalam ajang Cipta Puisi di Festival Sastra Indonesia tahun 2020. - Menjadi penulis terbaik dalam ajang Quotes Indonesia Tahun 2020. - Penulis Cerpen terbaik dengan tema Twins Tahun 2020. Memiliki buku solo 1. Berjudul “Menjadi Orang Beruntung” Tahun 2020, 2. Berjudul “Kisah Kasih dan Takdir” Tahun 2020 3. Berjudul “Gayo Sang Pemikat” Tahun 2020. Beberapa Buku Antologi Puisi dan Cerpen 1. Berjudul “Penuh Cinta”. 2. Berjudul “Paling Berharga”. 3. Berjudul “Nada Cinta”. 4. Berjudul “The Magic Of Inspiration”. 5. Berjudul “Saat-Saat Bersama” 6. Berjudul “Selagi Ada Mimpi” Aktif dalam kegiatan - Sebagai Guru Inti di Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) Tahun 2019 - Sebagai Anggota Asosiasi Guru Penulis di PGRI Kabupaten Gayo Lues Periode 2021-2024 - Sebagai Pelatih OSN Matematika tingkat Kabupaten Gayo Lues Tanhun 2011 sampai dengan tahun 2012 Memiliki akun sosial media Instagram @fytria_rw, Facebook @fitriaratnawati Youtube https://youtube.com/channel/UC9yf0k70TtmA_HgIfDf8LyQ

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Memaknai Surah An-Naba`

22 April 2021   07:00 Diperbarui: 22 April 2021   07:02 303 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Memaknai Surah An-Naba`
Siswa Kelas IV SDN 2 Percontohan Blangkejeren (Dokpri)

Surah An-Naba' adalah surat di awal jus 30 pada Al-Qur'an. Surah ini diturunkan di Kota Mekkah. Dan  memiliki 40 ayat. Makna dari surah ini adalah  menggambarkan tentang keadaan di hari kiamat saat sangkakala ditiup kemudian manusia berkerumun lalu semua yang ada di dunia dilenyapkan. Surah ini berisi peringatan akan malapetaka besar yang hukumnya pasti akan terjadi dan ketika itu barulah manusia menyesali semua perbuatannya di dunia.

*****

Di hari ke-8 puasa Ramadhan kali ini saya mendapatkan sebuah pengalaman yang sangat luar biasa yaitu pengalaman mengajar tentang kajian surah An-Naba'. Memaknai arti dari surah tersebut.

Saya yang terbiasa mengajar dengan sistem Berkelompok kali ini kembali melakukan pembelajaran tersebut secara kelompok pula. Saya menggunakan metode pembelajaran Discovery Learning, di sana saya mengarahkan peserta didik untuk mencari informasi tentang surah An-Naba'. Mulai dari arti, jumlah dan dari mana surah tersebut diturunkan, serta melakukan tanya jawab seputar Arti dari surah An-Naba' untuk mengetahui inti sari dari surah tersebut. Menapa surah itu bisa turun dan apa manfaat dari membaca surah An-Naba'.

Surah An-Naba' diturunkan karena adanya berbagai pertanyaan yang diajukan oleh kaum musyrikin mengenai hari terjadinya kiamat. Serta sebagai hari pembalasan bagi orang-orang yang tidak patuh kepada perintah Allah SWT.

Berbagai pertanyaan terlontar dari anak-anak antara kelompok satu dengan kelompok lainnya saling mengutarakan pendapat mereka.

"Kapan kiamat itu terjadi," tanya Desi kepada kelompok lainnya.

"Kiamat muncul tidak diketahui kapan persisnya, namun Rasulullah SAW mengatakan tanda-tanda kiamat dengan jelas dan salah satunya terjadi di hari Jum'at." Jelas Alfin sambil menunjukkan keteangan yang terdapat pada bukunya.

"Berarti jelas bahwa kiamat benar-benar terjadi namun persisnya kapan, tanggal dan tahun berapa, Allah tidak memberitahukan kepada kita agar kita semua bisa mewaspadainya dan selalu tetap taat kepada-Nya." Amelia menjelaskan pula sebagai tambahan jawaban dari kelompok mereka.

Salah seorang peserta didik bertanya kembali "siapakah orang yang akan menyaksikan terjadinya kiamat?"

Pertanyaan tersebut kemudian dijawab oleh Akmal " yang menyaksikan kiamat terjadi itu adalah orang kiri."

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x