Mohon tunggu...
Fitria Nur Umami
Fitria Nur Umami Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

S1 Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Malang Trenggalek

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Mahasiswa Kampus Mengajar Bantu Bapak Ibu Guru Melaksanakan Asistensi Mengajar di SD Negeri 4 Joho

3 Juli 2021   18:00 Diperbarui: 3 Juli 2021   18:24 166 1 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Selasa, 30 Mei 2021

Sudah sekitar 1 tahun lebih siswa Sekolah Dasar di seluruh Indonesia telah merasakan pendidikan daring selama masa pandemi. Dengan tuntutan tersebut membuat siswa tidak memperoleh pengalaman akan keseruan pembelajaran tatap muka di sekolah. Hal ini secara tidak langsung akan membuat pengalaman belajar yang diperoleh siswa tidak maksimal.

dokpri
dokpri
Sesuai dengan salah satu aspek yang harus dipenuhi dalam kampus mengajar adalah melaksanakan asistensi mengajar. Oleh karena itu, mahasiswa kampus mengajar meminta izin kepada Kepala Sekolah SD Negeri 4 Joho dan bapak ibu guru terkait untuk membantu mengajar siswa secara tatap muka di sekolah dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Alhamdulillah semua pihak menyetujui hal tersebut dan berharap agar dapat memberikan pengalaman belajar yang lebih baik kepada siswa.

Setelah berdiskusi dengan guru dan jadwal luang rekan-rekan kampus mengajar, maka disepakati bahwa kegiatan pembelajaran akan dilaksanakan selama 4 hari dengan rincian 3 hari untuk kegiatan pembelajaran dan 1 hari untuk kegiatan ekstrakurikuler. Rincian dari jadwal tersebut adalah hari selasa untuk kelas 1 dan 2, hari kamis untuk kelas 3 dan 4, hari jumat untuk kelas 5 dan 6 serta hari sabtu kegiatan ekstrakurikuler untuk seluruh siswa SD Negeri 4 Joho.

dokpri
dokpri
Selama melaksanakan asistensi mengajar di SD Negeri 4 Joho, saya dan teman-teman menerapkan cara pembelajaran yang berbasis teknologi dan berpacu pada alam. Dalam menyampaikan materi pelajaran di kelas, saya dan teman-teman menggunakan LCD Proyektor untuk menayangkan media pembelajaran yang menarik. 

Tidak hanya itu, siswa juga diajak untuk mempraktekkan membuat pekerjaan kriya dengan alat yang telah disediakan. Agar siswa tetap semangat dalam mengenal alam, maka sering kami libatkan lingkungan sekitar dalam kegiatan pembelajaran. Hal ini akan dapat memacu semangat siswa untuk belajar walaupun di tengah pandemi. Dengan memadukan antara teknologi dan alam, diharapkan siswa mampu berkreasi dan berpikir secara aktif tentang materi yang sedang dipelajari.

Mohon tunggu...

Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan