Mohon tunggu...
Fitriana Nugraheni
Fitriana Nugraheni Mohon Tunggu...

Seeker

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Merokok Bisa Menyebabkan Amnesia

25 September 2018   22:21 Diperbarui: 25 September 2018   22:45 114 0 0 Mohon Tunggu...

Rokok lagi, rokok lagi, pembahasan yang tiada henti. Mulai dari sifat arogan perokok yang membuat perokok pasif keracunan sampai dengan sudah banyak bukti orang meninggal karena merokok tapi perokok masih sempat bilang "ga ngerokok mati, ngerokok mati, mending ngerokok aja".

Kondisi menohok lainnya adalah entah perokok pasif tutup hidung, pura-pura batuk kenceng sampai negur perokok, tapi kalau perokoknya sendiri ga peka, ya hancurin aja semua anak bangsa sama rokok.

Pasti perokok sadar sich kalau merokok dapat menyebabkan sakit paru-paru, impoten dan kematian. Selain itu, ternyata ada satu penyakit yang tidak dicantumkan di bungkus rokok yaitu dapat menyebabkan amnesia kronis.

Why? Kalau kamu sering melakukan penelitian ke komunitas entah itu susenas, survey, ataupun penelitian mengenai skripsi dan lainnya, pasti sering menanyakan mengenai pengeluaran baik pengeluaran keluarga maupun pribadi.

Salah satu yang pasti ditanyakan adalah pengeluaran mengenai merokok, yaiyalah, kan perokok di Indonesia menyumbang devisa negara lumayan tinggi.

Jika kalian nanya dari mulai orang ekonomi rendah pun tak segan segan mengeluarkan uang 720 ribu untuk rokok selama sebulan, jumlah yang lumayan kan jika ditabung atau untuk keperluan rumah tangga lannya.

Dan tragisnya mereka ekonomi rendah sampai belasan tahun merokok dengan mengeluarkan besaran nominal tersebut  jika ada yang bilang "berhenti merokok itu susah banget", siapa yang bilang berhenti merokok itu gampang, lah sudah terpapar bahan nikotin lama, ya harus butuh perjuangan, selain itu, banyak dari perokok biasanya mengeluhkan jika berhenti merokok maka mereka melampiskannya ke nyemil, so, jadinya BB mereka naik. Namanya juga usaha boss, pasti ada konsekuensinya donk.

Terus apa hubungan amnesia dengan merokok. Kalau kalian bisa melihat benang merahnya, bahwa bisa disimpulkan bahwa orang ekonomi rendah tak paham kondisi perekonomianya saat merokok, dan orang perekonomian menengah keataspun tidak sadar bahwa merokok bisa menyebabkan kematian. Jadi saking ga bisa ninggalin rokok, peringatan mengenai bahaya merokok bak autodelete ketika mereka membukanya bungkusnya. Layaknya seorang kekasih, perokok di butakan oleh rokok, memang susah move on, namun jika ingin menciptakan long life ya tinggalin rokok donk.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x