Mohon tunggu...
Fitriana Syahar
Fitriana Syahar Mohon Tunggu... Guru - dosen

dosen

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Peningkatan Kualitas SDM Perangkat Nagari dalam Memetakan Potensi Wisata Menggunakan Aplikasi Argish

6 Desember 2021   01:52 Diperbarui: 6 Desember 2021   01:58 54 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Nagari Sungai Nyalo Mudian Aia, Kawasan Wisata Mandeh Provinsi Sumater Barat melakuka kegiatan pemetaan potensi wisata. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas SDM  Nagari Sungai Nyalo tentang peta dan penggunaannya untuk inventarisasi informasi potensi desa wisata,  dengan cara melakukan sosialisasi tentang potensi wisata, pemetaan potensi wisata, pengenalan peta, pengenalan alat dan bahan dalam pemetaan potensi wisata kepada perangkat nagari, pokdarwis dan tokoh masyarakat. 

Pemetaan ini merupakan kerjasama natar pihak nagari dan Universitas Negeri Padang dalam melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi. 

Rendahnya skill/ keterampilan aparatur desa/ nagari  dan pokdarwis  Sungai Nyalo dalam pembuatan peta potensi wisata secara digital, dilakukan pelatihan pembuatan peta potensi wisata dengan pemberian modul pelatihan, Tracking lapangan dengan GPS, dan pemanfaatn aplikasi SIG dalam pembuatan peta. 

Adapun produk luaran yang ditargetkan dalam kegiatan ini adalah terjadi peningkatan skill/ keterampilan mitra dalam pembuatan peta potensi wisata digital yang sudah terlaksana. Pembuatan peta potensi wisata memanfaatkan IT dan komputerisasi dengan menggunakan aplikasi Argish dan aplikasi Googgle Earth, GPS dan memberitahukan kepada pihak nagari cara menginput titik koordinat yang telah didapat dari lapangan ke dalam Aplikasi Argish. Kegiatan pembuatan peta berlokasi di Kantor Wali Nagari Sungai Nyalo. Berdasarkan hasil pemetaan partisipatif di lapangan, objek wisata yang telah di petakan oleh perangkat nagari adalah :

No

Nama Objek Wisata

No

Nama Objek Wisata

1

Wisata puncak batu garudo

7

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan