Mohon tunggu...
Fitria Indar Nurkhofifah
Fitria Indar Nurkhofifah Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Hi! Its me, a girl who love 3 a.m

berbuat baik itu, kewajiban!

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

KKNT UPI: Membantu Siswa dalam Menyusul Ketertinggalan Kemampuan Membaca lewat Kampus Mengajar

26 September 2021   12:44 Diperbarui: 26 September 2021   12:49 41 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Penyempurnaan Permendikbud nomor 24 terkait kompetensi dasar dan kompetensi dasar pengajaran dalam kurikulum 2013, yang menyatakan bahwa tujuan kurikulum adalah: meliputi empat kompetensi, yaitu (1) Sikap keterampilan spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, ko-kurikuler, dan/atau ekstrakurikuler. Rumus Kompetensi sikap spiritual, yaitu "menghargai dan menghayati ajaran agama" , yang dianutnya. 

Rumusan kompetensi sikap sosial yaitu menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, sopan santun dan amanah dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaan berinteraksi. 4.444 dicapai melalui pembelajaran tidak langsung yaitu, panutan, 4.444 sosialisasi dan budaya sekolah 4.444 dengan memperhatikan kekhasan mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi 4.444 siswa (Permendikbud, 2016: 43).

Pembelajaran bahasa Indonesia diharapkan dapat membantu siswa untuk belajar tentang diri sendiri, budaya mereka dan budaya orang lain, untuk mengungkapkan ide dan perasaan, berpartisipasi dalam masyarakat pengguna bahasa, dan menemukan dan menerapkan keterampilan, analitis dan imajinatif dalam dia. Media Pembelajaran adalah alat tak bernyawa. 

Alat ini netral. Perannya terlihat ketika guru menggunakannya dengan baik dalam belajar mengajar. Sebagai alat Media memiliki beberapa fungsi dalam proses belajar mengajar. Smartboard adalah teknologi yang dikembangkan dari papan tulis yang bebas kapur dan spidol , kombinasi remote control nirkabel dan proyektor. Pembelajaran bukan sekedar alat hiburan dalam arti hanya digunakan untuk melengkapi proses pembelajaran dan mendapatkan perhatian siswa. Meningkatkan kualitas belajar mengajar agar hasil belajar yang dicapai siswa dapat.

Dalam hal ini, upaya yang dilakukan dalam ketertinggalan kemampuan membaca dengan memanfaatkan media pembelajaran yang ada berupa smartboard. Saya memanfaatkan sekali meda pembelajaran yang ada dan membuat siswa lebih semangat dalam kegiatan pembelajaran. Hal serupa disampaikan oleh muhtar selaku kepala SDN Buahngariung, "Saya senang dengan adanya mahasiswa kampus mengajar, smartbord yang dimiliki sekolah jarang sekali dipergunakaan karena guru-guru yang kurang melek teknologi dan kurangnya literasi. Dengan adanya mahasiswa kampus mengajar, hal ini bisa teratasi dengan baik" ujarnya

Mohon tunggu...
Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan