Mohon tunggu...
Fitri Afidah
Fitri Afidah Mohon Tunggu... Guru - Pendikan Anak

Allah is The Best Planners

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Anak Berkebutuhan Khusus

2 Desember 2016   07:11 Diperbarui: 2 Desember 2016   07:34 52
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Apasih yang dimaksut deangan anak berkebutuhan khusus?

Ya kali ini saya akan membahas lebih lanjut tentang anak berkebutuhan khusus, menurut saya yang dimaksut dengan anak berkebutuhan khusus yaitu anak yang membutuhkan cara atau pelayanan pendidikan yang berbeda (khusus) karena berbagai sebab, bisa karena faktor internal ( kondisi perkembangan) atau faktor eksternal (lingkungan).

Faktor internal diantaranya yaitu disabilitas dan keunggulan, disabilitas yaitu disebabkan karena gangguan fisik seperti tunanetra, tunarungu, tuna daksa, ADH, autis. Sedangkan keunggulan itu ada dua yaitu GIFTED dan TALENTED menurut marland ialah anak yang mampu mencapai prestasi tinggi karena memiliki kemampuan-kemampuan unggul, anak tersebut memerlukan program pendidikan yang memiliki layanan diluar jangkauan program reguler, agar dapat merealisasikan sumbangannya terhadap diri sendiri maupu masyarakat. Selanjutnya yaitu faktor eksternal diantaranya yaitu karena kemiskinan, korban bencana, konflik sosial, broken home.

Lalu bagaimana dengan pendidikan anak berkebutuhan khusus?

Kita sebagai manusia yang normal dan berpendidikan harus mempunyai target yaitu “ semua anak berkebutuhan khusus memperoleh pendidikan yang bermutu dan sesuai dengan kebutuhannya”. Pendidikan anak berkebutuhan khusus salah satunya yaitu dengan sekolah inklusif dimana anak berkebutuhan khusus difasilitasi ( didorong sedapat mungkin untuk mengikuti pendidikan pada lingkungan umum atau normal) atau juga dapat diartikan suatu ideologi, sitem atau strategi pendidikan dimana anak-anak berkebutuhan khusus mengikuti pendidikan dalam satu lingkungan pendidikan secara bersama dengan anak-anak lainnya, dengan sistem layanan pendidikan yang disesuaikan dengan kebutuhan anak berkebutuhan khusus.

Ciri umum pendidikan inklusif yaitu:

1). Sekolah menerima semua anak dari berbagai kondisi, tanpa membedakan latar belakang, kondisi ekonomi, sosial, budaya, kemampuan, dll.

2). Sekolah menghargai dan menerima perbedaan pada siswa.

3). Sekolah menyiapkan lingkungan dan sistem pelayanan yang dapat menjamin semua anak berpartisipasi dalam berbagai program atau kegiatan yang ada disekolah.

Mengapa pendidikan inklusif itu perlu?

Pendidikan inklusif sangat perlu bagi anak berkebutuhan khusus karena:

  • Kita adalah masyarakat yang satu hidup bersama dan menyatu.
  • Untuk mempermudah dan memperluas kesempatan anak berkebutuhan khusus mengikuti pendidikan, dalam rangka memenuhi prinsip wajib belajar.
  • Proses pembelajaran emosi-sosial pada anak berkebutuhan khusus.
  • Proses pembelajaran emosi-sosial pada anak lainnya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun