Mohon tunggu...
Fitriadi fitriadi
Fitriadi fitriadi Mohon Tunggu... Jurnalis - Jurnalis

Menulis berita dan membaca zaman!

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Meudike di Mushalla Al-Ikhlas, Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW

8 Oktober 2022   02:45 Diperbarui: 10 Oktober 2022   19:30 103 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Meudike di Mushalla Al-Ikhlas Dusun Barat: Dokpri

Meudike adalah tradisi Aceh, memperingati Maulid dalam bahasa Aceh (Molod) Nabi Besar Muhammmad Shalallahu'Alaihi Wasalam (SAW), yang dilakukan di Mushalla Al-Ikhlas di Dusun Barat, Desa Jeumpa Barat, Kecamatan Jeumpa, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), secara bersama pemuda,  anak-anak bahkan orang tua dengan gerakan badan yang bervariasi terlihat menarik dan unik.

Meudike ini juga telah ditetapkan tiga atau dua orang khalifah membaca kitab berzanji yang diikuti oleh peserta Meudike serta masyarakat yang hadir baik yang didalam maupun yang diluar Mushalla.

Pada saat pelaksanaan Meudike, semua peserta diharuskan kompak dan tertib, tujuannya agar gerakan yang dilakukan terlihat indah dan memberikan nilai positif bagi masyarakat, serta meningkatkan kecintaan kepada Nabi Muhammad SAW.

Selain Meudike masyarakat Dusun Barat, pada umumnya masyarakat Aceh bisanya dilakukan berbagai macam kegiatan keislaman, seperti acara tausiah sejarah kelahiran Nabi Muhammad SAW dan zikir.

Dengan demikian perlu juga untuk diketahui bahwa, masyarakat Dusun Barat setelah Meudike membagikan sejumlah makanan kepada anak yatim dan masyarakat yang telah diundang.

Maulid atau Molod Nabi Muhammad SAW yang membawa risalah Islam dari Allah SWT, diperingati setiap 12 Rabiul Awal

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan