Mohon tunggu...
Fitria Aini
Fitria Aini Mohon Tunggu... KKN UNS era Covid 19 batch 1

00

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Meningkatkan Kewaspadaan Masyarakat Dalam Menghadapi Pandemi COVID-19

5 Juli 2020   08:05 Diperbarui: 8 Juli 2020   16:45 50 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Meningkatkan Kewaspadaan Masyarakat Dalam Menghadapi Pandemi COVID-19
whatsapp-image-2020-06-25-at-11-01-25-am-5f059411d541df5c954b3da4.jpeg

(Cilacap, 15 Juni 2020) Bayang-bayang COVID-19 masih menghantui seluruh dunia, tak terkecuali Indonesia. Berbagai langkah telah ditempuh oleh pemerintah Indonesia dalam rangka melandaikan kurva kasus COVID-19, tetapi hasilnya belum nyata terlihat. Malah yang terjadi adalah jumlah kasus COVID-19 di Indonesia semakin meningkat pesat. PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Bersar) sebagai salah satu upaya memutuskan mata rantai COVID-19 tak banyak membantu. Banyak masyarakat yang mengabaikan aturan PSBB dan himbauan kesehatan dari pemerintah.

Di Kabupaten Cilacap, kasus positif COVID-19 semakin melonjak setiap harinya, namun kesadaran masyarakatnya masih sangat rendah. Ruang public, seperti pasar, pusat perbelanjaan, dan objek wisata masih sangat ramai dikunjungi. Dan tentunya, masyarakat menagabaikan protokol kesehatan yang ada, misalnya adalah tidak menjaga jarak aman dan tidak menggunakan masker. Minimnya kesadaran akan bahaya COVID-19 ini juga terjadi di lingkungan RT 02 RW 05 Kebonmanis, Cilacap Utara, Cilacap. “Saya prihatin dengan minimnya kesadaran masyarakat akan pentingnya penerapan PHBS (Pola Hidup Bersih Sehat) serta banyaknya masyarakat yang tidak menggunakan masker saat keluar rumah. Sehingga, saya ingin memberikan masker kepada warga dan memberi edukasi akan pentingnya PHBS.”, ujar Fitria Nur Aini (K3317032) sebagai mahasiswa KKN dibawah bimbingan bapak Yayan Suherlan, S.Sn., M.Sn.

Dalam waktu satu bulan ini, telah dilaksanakan kegiatan KKN (Kuliah Kerja Nyata) Universitas Sebelas Maret dalam era COVID-19 di lingkungan RT 02 RW 05 Kebonmanis, Cilacap Utara, Cilacap. Program kerja yang dilaksanakan adalah pembuatan dan pembagian masker, membuat kebun sayur bersama warga, dan mengedukasi melalui poster serta video yang disebarkan melalui beberapa platform media social, seperti instagram dan youtube. Pembagian masker dilaksanakan secara door to door dengan mematuhi protokol kesehatan dan disertai dengan edukasi dan penempelan stiker di rumah warga. Warga sangat senang mendapat bantuan masker ini. “Alhamdulillah saya mendapatkan masker ini, senang sekali rasanya. Dan dengan penjelasan tentang COVID-19 dari Mbak Fitria, saya menjadi paham akan bahaya coronavirus ini. Saya akan menggunakan masker kemanapun saya pergi dan mematuhi protocol kesehatan dari pemerintah. Dan terimakasih kepada Mbak Fitria serta UNS.”, ujar Sunarti (40), salah satu warga RT 02 RW 05 Kebonmanis, Cilacap Utara, Cilacap.

VIDEO PILIHAN