Mohon tunggu...
Fitria NurMufida
Fitria NurMufida Mohon Tunggu... Lainnya - Kegiatan PMM UMM

Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang Kelompok 7 Gelombang 14

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Mahasiswa UMM bersama Market Kita Peduli Kemajuan UMKM di Tengah Pandemi Covid-19

27 Desember 2020   21:58 Diperbarui: 27 Desember 2020   22:16 109
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) kelompok 7 gelombang 14 yang sedang melakukan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) mendapat kesempatan untuk bergabung dengan Market Kita dalam pembuatan video ulasan tentang tempe wedhok (Kamis, 24-12-2020).

Pembuatan video dilakukan di rumah produsen tempe wedhok. Market Kita adalah sebuah media sosial yang bergerak pada bidang promosi UMKM. Market Kita dibentuk beberapa tahun lalu yang digagas oleh putra asli Lumajang bernama Yoga.

Latar belakang Yoga membentuk media sosial ini berawal dari ketertarikan beliau pada bidang bisnis. "Saya ingin berbisnis, tapi tidak tahu harus belajar dimana. Jadi, saya putuskan untuk datang langsung ke tempat usaha dan belajar dengan pemiliknya", kata Yoga selaku pencetus Market Kita.

Beliau selalu mendokumentasikan tempat yang dikunjungi agar ilmu yang didapat bisa dipelajari kembali dan disebarkan kepada banyak orang.

dok. pribadi
dok. pribadi
Market Kita juga biasa memberi saran bahkan suatu inovasi yang dapat membantu usaha tersebut mejadi lebih baik lagi. Pada kegiatan ini, mahasiswa UMM menjadi pihak yang melakukan pengabdian dengan belajar memproduksi tempe wedhok, sedangkan Market Kita menjadi pihak yang memproduksi video dan memberikan ulasan tentang usaha tersebut.

Tanya jawab tentang produksi tempe wedhok antara pihak Market Kita dan salah satu mahasiswa UMM dipilih untuk menghasilkan video yang menarik dan informatif. Sesi tanya jawab tersebut dibawakan secara singkat dan padat agar pesan yang ingin disampaikan dapat dipahami oleh penonton.

Tujuan dari pembuatan video tersebut untuk memperkenalkan tempe wedhok sebagai potensi pangan daerah khususnya Desa Labruk Kidul kepada masyarakat luas. Diharapkan video tersebut dapat membantu meningkatkan penjualan tempewedhok dan memperbaiki ekonomi masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

Media sosial Market Kita dapat diakses melalui instagram @market_kita_, Facebok Marketkita, dan Youtube Market Kita

dok. pribadi
dok. pribadi

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun