Mohon tunggu...
Tekno

Mengefisiensikan Waktu dengan Menggunakan Shortcut saat Mengetik

18 Oktober 2015   23:17 Diperbarui: 19 Oktober 2015   07:29 0 1 0 Mohon Tunggu...

Kesulitan apakah yang selama ini anda rasakan saat mengetik? Menurut dari survey yang saya lakukan ke beberapa teman saya kesulitan yang mereka rasakan ketika mengetik sesuatu baik itu di microsoft word, microsoft excel ataupun power point adalah mengedit atau menyunting. Ketika mereka ingin membuat sesuatu mereka harus mencari terlebih dahulu ikon perintahnya di toolbar. Nah itulah yang sangat membutuhkan waktu yang lama apalagi jika perintahnya banyak. Nah sebab itu apa solusinya? Solusinya adalah menggunakan shortcut. Jadi dengan adanya shortcut, kita akan lebih mudah mengetik dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Jadi sebelumnya saya akan menjelaskan dulu apa itu shortcut. SHORTCUT adalah jalan pintas untuk sebuah perintah tertentu pada microsoft word. Shortcut ini dapat kita lakukan hanya dengan memanfaatkan tombol keyboard. Dengan shortcut ini memungkinkan seseorang untuk mengerjakan suatu pekerjaan lebih cepat karena kita tidak perlu lagi mencari perintah tertentu tersebut di toolbar dan mengarahkan kursor ke perintah tersebut. Sebagai contoh, saat kita ingin membuka lembar baru, kita tidak perlu lagi klik office button kemudian new lalu new document tetapi dengan shortcut kita hanya perlu menekan CTRL+N. Nah lebih mudah kan?

Jadi pada artikel ini, saya akan memberikan beberapa jenis shortcut keyboard yang sering digunakan saat mengaplikasikan microsoft word......

CTRL + A : berfungsi untuk memblok keseluruhan teks pada lembar kerja.
CTRL + B : berfungsi untuk mengubah format font menjadi tebal (Bold)
CTRL + C : berfungsi untuk menyalin teks atau gambar (Copy)
CTRL + D : berfungsi untuk membuka menu/kotak dialog Font
CTRL + E : berfungsi untuk membuat teks menjadi rata tengah
CTRL + F : berfungsi untuk membuka menu/kotak dialog Find and Replace
CTRL + G : berfungsi untuk membuka menu/kotak dialog Find and Replace
CTRL + H : berfungsi untuk membuka menu/kotak dialog Find and Replace (tab Replace)
CTRL + I : berfungsi untuk mengubah format teks menjadi miring (Italic)
CTRL + J : berfungsi untuk membuat teks menjadi rata kanan dan kiri (Justify)
CTRL + K : berfungsi untuk membuka menu/kotak dialog Insert Hyperlink
CTRL + L : berfungsi untuk membuat teks menjadi rata kiri (Left)
CTRL + M : berfungsi untuk menggeser First Line Indent dan Left Tab pada mistar dokumen
CTRL + N : berfungsi untuk membuka dokumen baru (New)
CTRL + O : berfungsi untuk membuka menu/kotak dialog Open (Open)
CTRL + P : berfungsi untuk membuka menu/kotak dialog cetak (Print)
CTRL + Q : berfungsi untuk menghilangkan nomor urut
CTRL + R : berfungsi untuk membuat teks menjadi rata kanan (Right)
CTRL + S : berfungsi untuk menyimpan dokumen (Save)
CTRL + T : berfungsi untuk menggeser Left Tab pada mistar dokumen
CTRL + U : berfungsi untuk mengubah format teks menjadi bergaris bawah (Underline)
CTRL + V : berfungsi untuk menempelkan (paste) hasil teks yang sudah di Copy
CTRL + W : berfungsi untuk menyimpan dan langsung menutup program lemar kerja yang di pakai
CTRL + X : berfungsi untuk memotong teks (cut)
CTRL + Y : berfungsi untuk mengulang/meneruskan kembali aktivitas yang dibatalkan (Redo)
CTRL + Z : berfungsi untuk membatalkan aktivitas terakhir (Undo)

Itulah beberapa shortcut keyboard, sebenarnya masih banyak jenisnya. Semoga bermanfaat untuk yang membacanya.