Mohon tunggu...
fitri dwi
fitri dwi Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - pelajar

hobi membaca

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Kegiatan Kampus Mengajar 3 di Desa Saleman

4 Agustus 2022   10:18 Diperbarui: 4 Agustus 2022   10:23 25 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pendidikan adalah suatu usaha untuk membekali peserta didik berupa ilmu, pengetahuan dan keterampilan yang berguna bagi diri sendiri, masyarakat dan lingkungan sekitar. Implementasi pendidikan harus selalu berkembang sesuai dengan perkembangan zamannya karena pendidikan merupakan bekal yang harus dimiliki oleh manusia dalam menjalani kehidupan yang semakin maju dan berkembang. karena itulah menteri pendidikan indonesia membuat prrogram kampus merdeka yang didalamnya terdapat program kampus mengajar yang dimaksudkan untuk membantu pendidikan indonesia dan juga membantu meningkatkan literasi dan numerasi di semua sd di indonesia.  

Program Kampus Mengajar adalah bagian dari program Kampus Merdeka yang bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa belajar dan mengembangkan diri melalui aktivitas di luar kelas perkuliahan. Di program kampus mengajar, mahasiswa akan ditempatkan di sekolah dasar di seluruh Indonesia dan membantu proses belajar mengajar di sekolah tersebut. Sekolah yang  menjadi sasaran dari kampus mengajar adalah sekolah setingkat SD dan SMP yang terdapat di daerah 3T atau sekolah yang masih terakreditasi C. 

Desa Saleman merupakan desa adat yang terletak di Kecamatan Seram Utara Barat, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku. Desa Saleman merupakan salah satu dari banyak desa adat yang terdapat di Provinsi Maluku, dengan tetua desa yang dipanggil Bapa Raja. semua kegiatan yang ada di desa harus meminta persetujuan dari tetua desa,  semua warga di Desa Saleman ini beragama islam. begitu juga dengan kegiatan kampus mengajar, semua harus meminta izin dari tetua desa agar semua kegiatan kampus mengajar yang dilakukan di SD N 1 Saleman berjalan lancar. 

kegiatan Kampus Mengajar Angkatan 3 di SD N 1 Saleman terdiri dari peningkatan literasi dan numerasi, serta adaptasi teknologi bagi sekolah sasaran. sebelum diterjunkan mahasiswa KM3 diberikan pembekalan secara online. kemudian kami mendapatkan DPL ( Dosen Pembimbing Akademik ) dari tim kampus mengajar. ada 4 mahasiswa yang mendapat di SD N 1 Saleman, dimana 1 dari 4 mahasiswa memiliki universitas yang berbeda. semua kegiatan di SDN 1 Saleman berjalan dengan menyenangkan, di SD sendiri memiliki kegiatan piknik disetiap libur nasional ataupun sebelum dan sesudah kegiatan ujian, kegiatan ini dilakukan sekolah agar siswa bisa bersenang senang dan belajar di alam. 

demi peningkatan literasi dan numerasi kami, melaksanakan walang belajar atau rumah belajar yang dilaksanakan setiap malam, kegiatan ini tidak diwajibkan hanya siswa yang memang ingin datang dan belajar saja, tidak ada paksaan agar siswa lebih nyaman dalam belajar. 

terlepas dari kekurangan saya dalam kegiatan kampus mengajar ini, dan sedikit kontrobusi yang telah kami lakukan untuk sekolah lewat, kampus mengajar ini. semoga kegiatan kampus merdeka ini khususnya kampus mengajar dapat menjadi salah satu langkah dalam pemerataan pendidikan dan menyukseskan pendidikan di indonesia. Saya dan teman teman sangat berterima kasih atas kesempatan dan pengalaman yang didapatkan dalam program kampus mengajar ini. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan