Mohon tunggu...
Fitri Merdinasari
Fitri Merdinasari Mohon Tunggu... -

Kegagalan adalah suatu keberhasilan yang tertunda

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Power Point Salah Satu Media Pembelajaran Anak TK yang Inovatif

26 November 2020   11:15 Diperbarui: 26 November 2020   11:20 36 6 0 Mohon Tunggu...

Dimasa pandemi seperti saat ini, segala bentuk kegiatan di alihkan melalui online atau daring. Di alihkannya kegiatan tatap muka dengan metode daring, hal ini untuk mengurangi resiko penularan virius corona. Segala bentuk kegiatan yang di alihkan melalui daring bisa dilakukan melalui, video call, zoom meeting, google meeting, dan beberapa perangkat lain. 

Keadaan yang sudah berubah ini, membuat masyarakat mau tidak mau menyesuaikan dengan kondisi yang terjadi. Kegiatan yang bersifat massal atau berkerumunan di alihkan melalui kegiatan daring dari rumah masing-masing, seperti bekerja dari rumah dan belajar dari rumah. 

Kegiatan belajar dari rumah biasanya dilakukan guru dan murid melalui aplikasi zoom meeting. Zoom meeting, merupakan aplikasi sofwer yang menggantikan kegiatan tatap muka secara langsung berubah melalui layar hp maupun laptop. Dengan adanya aplikais ini guru dan murid dapat berbicara, bertatap muka melalui layar dengan tanpa dibatasi jumlah anggota didalamnya.

Kondisi dan proses belajar yang berbeda dari biasanya ini, juga mengharuskan guru untuk mengajar dengan metode yang berbeda dari biasanya. Seorang guru TK yang biasanya bertemu dan bertatap muka dengan anak secara langsung kini hanya bisa memberikan materi secara daring. 

Kegiatan daring ini jika tidak dikemas secara baik oleh guru akan membuat tidak menarik bagi anak, karena anak hanya akan menatap layar hp maupun laptop saja selama beberapa jam. Anak yang sudah terbiasa dengan pola belajar tatap muka secara langsung kini beralih dengan kegiatan daring, anak akan mudah bosan dan jenuh. 

Sebagai guru juga harus dapat memberikan tampilan dan pembelajaran yang menarik, guru tidak bisa hanya menjelaskan kepada anak dengan metode bercerita atau berceramah tanpa media bantu lainnya.

Agar anak tidak merasa cepat bosan dan jenuh dengan kegiatan belajar daring, guru bisa menampilkan media belajar melalui "Power Point". Anak-anak usia 5-6 tahun akan mudah tertarik dengan tampilan visual yang menarik. 

Guru bisa membuat materi pembelajaran dengan media power point, selain inovatif anak juga bisa merasakan pengalaman baru. Guru bisa memberikan gambar-gambar yang menarik di dalam power point sesuai dengan materi yang akan disampaikan, selain gambar guru juga bisa menambahkan video animasi, atau video lagu-lagu. 

Sehingga anak bisa menonton video dan bernyanyi secara bersama-sama. Power point ini bisa dibagian melalui share screen yang ada pada aplikasi zoom meeting. Sehingga anak-anak dapat melihat tampilan power point secara bersama-sama.

Penggunaan power point dalam metode pembalajaran akan membuat anak TK tertarik dengan materi yang diberikan guru. Anak tidak akan merasa jenuh dan bosan ketika belajar, karena guru memberikan tampilan visual yang menarik serta disukai oleh anak-anak. 

Selain menarik untuk anak-anak, power point juga mempermudah guru untuk memberikan penjelasan kepada anak saat memberikan materi. Sebagi contoh ketika guru akan memberikan materi tentang pohon pisang, guru hanya cukup memberikan gambar atau foto pohon pisang secara utuh, dan guru hanya perlu menjelaskan bagian-bagian pohon pisang mulai dari daun hingga akar. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN