Mohon tunggu...
Fitri NurWidiyanti
Fitri NurWidiyanti Mohon Tunggu... pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Unnes

Bersabar dan bersyukurlah, terus berkarya tepis penghalang.

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Geomorfologi Indonesia Memberi Ragam Penggunaan Media Pembelajaran di Masa Pandemi

1 Desember 2020   12:10 Diperbarui: 1 Desember 2020   12:20 40 0 0 Mohon Tunggu...

Indonesia memiliki keragaman bentuk muka bumi yang memberikan berbagai kemungkinan keadaan terjadi. Geomorfologi itu sendiri merupakan salah satu ilmu yang mempelajari tentang ilmu kebumian meliputi bentuk lahan, proses geomorfik serta perkembangan bentang lahan permukaan bumi lainnya yang masih belum diketahui dan dipahami oleh sebagian besar penduduk didalamnya. Seperti yang kita tau bahwa indonesia merupakan negara kepulauan. Yang mana setiap pulaunya memiliki kondisi fisik alam yang berbeda pula. Bahkan pada satu pulau memiliki kondisi fisik yang berbeda didalamnya. Keberagaman kondisi alam yang terpancar juga menimbulkan keberagaman pula pada kondisi sosial masyarakat didalamnya. Hal itu terjadi karena masyarakat ikut menyesuaikan dengan kondisi alamnya, sehingga timbullah keragaman didalamnya.

Adanya keragaman bentuk muka bumi Indonesia sudah pasti memberikan keberagaman. Keberagaman bentuk muka bumi indonesia juga memberikan pengaruh interaksi sosial didalamnya. Yang mana interaksi sosial dapat terjadi ketika ada kontak sosial dan komunikasi (Narwoko.2004:16). Sehingga interaksi sosial yang berkembang didalamnya juga berbeda. Contohnya yaitu perbedaan kondisi pendidikan yang ada di pusat kota dan kondisi pendidikan masyarakat pedalaman. Pastinya berbeda karena aspekketerjangkauannya juga berbeda. Sehingga keberagaman kondisi pendidikan di Indonesia juga beragam

Pada masa Covid-19 seperti sekarang ini mengharuskan kita untuk menjaga jarak fisik untuk memutus mata rantai persebaran Covid-19. Memang keadaan seperti ini tidak mudah, namun segala aktivitas tetap harus dijalankan. Salah satunya yaitu aktivitas pada dunia pendidikan. Karena belajar secara tatap muka tidak memungkinkan, maka diberlakukan pembelajaran jarak jauh. Sehingga pembelajaran dilakukan dari rumah masing-masing peserta didik secara online. Namun seperti yang kita tahu bahwa tidak semua dapat mengakses pembelajaran secara online, sehingga cara dan media yang digunakan agar materi tetap tersampaikan dan dipahami juga beragam.

Pada pembelajaran IPS yang didalamnya terdapat beragam rumpun ilmu lagi seperti kajian mengenai kondisi sosial, ekonoi,sejarah alam dan lainnya pasti membutuhkan cara penyampaian tpat. Karena banyaknya materi yang harus dipelajari maka pendidik memberikan media belajar yang dirasa cocok untuk mempelajari setiap materi didalamnya. Karena kondisi geomorfologi indonesia yang beragam sehingga pasti ada perbedaan keadaan, maka media pembelajaran IPS yang digunakan juga beragam. Berikut adalah beberapa contoh media pembelajaran IPS yang biasa digunakan untuk kegiatan pembelajaran pada saat pandemi Covid-19:

  • Power point
  • Video pembelajaran
  • Zoom
  • Google metting
  • Google Classroom
  • Whatsap group
  • Google Formulir

Namun dengan tidak semua dapat mengaksesnya, terutama bagi peserta didik yang berada di desa, pedalaman, ataupun daerah terpencil lainnya yang belum familiar dengan tekhnologi. Sehingga cara belajar dan media yang digunakan juga berbeda. Untuk menyiasati keadaan tersebut terkadang pendidik yang harus turun langsung mendatagngi rumah peserta didik atau terkadang juga dilakukan pembelajaran berkelompok dengan jumlah terbatas dengan tetap menaati protokol kesehatan.

Dari adanya pandemi ini ternyata membawa perubahan yang cukup besar pada bidang pendidikan, kondisi geomorfologi yang beragam menimbulkan kemungkinan yang beragam pula. Namun dengan adanya keberagaman tersebut dapat melatih kita untuk aktif menangulangi berbagai keadaan dan belajar untuk beadaptasi. Selain itu kita juga mendapatkan ketrampilan baru untuk peduli terhadap keadaan sekitar, sehingga dapat saling membantu antara satu sama lain. Dalam bidang pendidikan pasti ditemui banyak kendala, namun dengan gotong royong saling membantu dalam kebaikan diharapkan satu persatu permasalahan yang dihadapi dapat diselesaikan.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x