Mohon tunggu...
Fitri Apriani
Fitri Apriani Mohon Tunggu... Mahasiswa Universitas Mercubuana

Saya masih berstatus mahasiswa fakultas ilmu komunikasi di Universitas Mercu Buana, Menteng, Jakarta Pusat. Saat ini saya juga berkerja sebagai staff pada perusahan retail untuk brand sepeda import.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Pentingnya Menumbuhkan Minat Baca Sedari Dini

28 Juni 2019   12:26 Diperbarui: 28 Juni 2019   13:17 0 1 0 Mohon Tunggu...
Pentingnya Menumbuhkan Minat Baca Sedari Dini
Desire Community dengan TK dan SD Emanuil Jakarta 

Jakarta - Kegiatan sosialisasi dengan tema "Sosialisasi Membaca dan Menulis Pada Anak" oleh Desire Community yang diselenggarakan di TK/SD Yayasan Emmanuil, Glodok, Jakarta Barat  merupakan  kegiatan  wajib bagi mahasiswa/i Universitas Mercu Buana sebagai syarat kelulusan mata kuliah "Kuliah Peduli Negeri" dan merupakan salah satu bentuk bakti kampus dan mahasiswa kepada negeri. 

Dalam penyelenggaraan kegiatan sosialisasi ini, mahasiswa dibagi menjadi beberapa kelompok dengan memilih tema bakti yang berbeda pada setiap kelompoknya.  Salah satunya adalah kelompok Desire Community yang di pimpin oleh saudari Marta Adebora. Dengan total anggota berjumlahkan 5 orang. 

Desire Community sendiri memilih TK/SD Yayasan Emanuil karena dirasa merupakan salah satu sekolah yang cukup membutuhkan perhatian akan kurangnya fasilitas untuk berliterasi.

TK/SD Yayasan Emanuil Glodok, Kota Jakarta Barat terletak di tengah-tengah kawasan pemukiman padat penduduk. Berdiri di atas tanah seluas 115 meter persegi yang merupakan milik yayasan, sekolah ini terletak di dalam gang sempit. 

Dengan total 6 guru tetap dan 2 penjaga, sekolah ini beroperasi dari hari senin hingga jumat mulai pukul 07.00 hingga 13.15 wib. Dengan jumlah ruang sebanyak 7 kelas yang 5 kelasnya di isi oleh murid-murid kelas 1 hingga kelas 6 secara bergantian. 

Sementara 2 kelas lainnya di isi oleh murid - murid taman kanak kanak atau kelompok bermain. Sarana yang dimiliki sekolah ini tentunya sangat terbatas.

Salah satu sudut literasi membaca sederhana yang disediakan sekolah
Salah satu sudut literasi membaca sederhana yang disediakan sekolah

Ruang kelas yang sempit dan hanya bisa di isi sekitar 20 orang murid per-kelas menjadikan sekolah ini kekurangan ruang seperti perpustakaan, sehingga guru-guru di sekolah ini berinisiatif untuk membuat sudut literasi membaca di dalam kelas dengan meja seadanya untuk meletakkan buku-buku bacaan yang juga kebanyakan merupakan hasil sumbangan dari donatur. Buku-buku bacaan yang tersedia pun hanya berupa buku materi sekolah yang sudah cukup usang dan kurang menarik minat murid-murid untuk membaca.

Desire Community sendiri memilih tema tentang "Sosialisasi membaca dan menulis pada anak usia dini" dengan menargetkan anak -- anak usia awal sekolah dasar yang dinilai masih kurang dalam pengembangan minat membaca. 

Di era pesatnya perkembangan teknologi saat ini, anak-anak cenderung lebih menyukai bermain gadget seperti handphone untuk menonton video pada channel youtube dan bermain game. Dimana menurut kami hal ini akan berdampak pada rendahnya minat baca mereka kelak. Terlalu sering bermain gadget akan membuat kesehatan pada mata anak terganggu. Memang tidak ada salahnya, namun lebih baik jika jam bermain anak dibatasi sesuai kebutuhannya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3