Mohon tunggu...
Fitin Agustin
Fitin Agustin Mohon Tunggu... Hello!

I'm Extrovert hahah.. Fitin Agustin// Kimia MIPA Universitas Sebelas Maret// Jakarta-Surakarta-Magetan

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Hati-hati dengan Hand Sanitizer Beragam Khasiat

26 Maret 2020   12:27 Diperbarui: 26 Maret 2020   12:32 412 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Hati-hati dengan Hand Sanitizer Beragam Khasiat
Gambar Hand Sanitizer--dokpri

Pandemi corona kini hampir membuat semua lapisan kelabakan. Mulai dari pelajar hingga pejabat, semuanya diliburkan demi meminimalisir kontak antara satu orang dengan orang lainnya. Kebiasaan yang dahulu disepelekan kemudian menjadi kewajiban, seperti mencuci tangan sebelum dan sesudah berkegiatan. Hand sanitizer yang dahulu hanya digunakan sebagai gantungan tas, kini sangat diminati. Sayangnya, sejumlah oknum memanfaatkan momentum ini menjadi keuntungan.

Mari kita lihat gambar yang diilustrasikan di atas. Beragam label menarik distempelkan dalam botol tersebut seakan ini adalah cairan ampuh nan berkhasiat. Namun, produk tersebut tidak mencantumkan komposisi maupun ijin edar dari BPOM. Maka perlu untuk konsumen lebih teliti kembali.

100% AIR
Kandungan air biasanya digunakan sebagai pelarut yang artinya harus ada zat yang dilarutkan. Jika kita bandingkan dengan hand sanitizer NUVO yang mencantumkan komposisi berisi ethanol 70%. Perbedaan cara penulisan persen ini sangat mempengaruhi. 100% Air artinya secara keseluruhan berisi air, namun apabila tertulis ethanol 70% artinya cairan ethanol memiliki Alkohol (Etil Alkohol) 70% merupakan cairan yang mengandung 70% etil alkohol (CH3CH2OH) dan 30% air. 

Hand Sanitizer NUVO--mucho.asia
Hand Sanitizer NUVO--mucho.asia

TANPA BAHAN KIMIA

tidak ada yang tidak bahan kimia, bahkan air sekalipun. Artikel tentang ini dapat anda baca di laman saya.

STRONG ACID, PH 2,5

Asam kuat seperti asam klorida dan asam sulfat, sangat terbatas penjualannya. Kenapa dibatasi? karena bersifat korosif atau dapat merusak permukaan benda tersebut. Jika terkena pakaian, maka bolong. Jika terkena tangan, biasanya perih panas terasa terbakar dan perlu penanganan medis.

Tadinya hanya niat untuk cuci tangan, kini malah mengundang perkara lain.

MANFAAT YANG BERLEBIHAN

Coba dilihat, jerawat, luka bakar, penyakit kulit, mouth wash, hand clean, hingga kewanitaan. Sangat ironis, karena fungsi-fungsi tersebut sangat tidak mungkin. Komposisinya sangat berbeda fungsi satu dengan yang lain.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x