Mohon tunggu...
Fita Khoiroh
Fita Khoiroh Mohon Tunggu... Mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura

lahir di Kabupaten Jombang pada tanggal 17 September 1997. saat ini, saya masih Menempuh kuliah strata 1 di Universitas Trunojoyo Madura, Program studi Ekonomi Pembangunan.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Malam Inagurasi, Kelompok KKN 29 UTM Adakan Pengajian Umum bersama Warga Desa Patereman

27 Juli 2019   07:43 Diperbarui: 27 Juli 2019   07:48 0 0 0 Mohon Tunggu...
Malam Inagurasi, Kelompok KKN 29 UTM Adakan Pengajian Umum bersama Warga Desa Patereman
dokpri

Kamis, 25 Juli 2019 kelompok KKN 29 UTM mengadakan pengajian umum. Agenda kali ini digelar sebagai bentuk malam puncak penutupan pengabdian Kelompok kkn 29 UTM di desa Patereman, Modung. 

Sebelum malam puncak penutupan  KKN 29 UTM, rentetan acara kegiatan yaitu fun games yang diikuti oleh seluruh siswa-siswi SDN Patereman 1. Pelaksanaan Fun games dimulai pukul 08.00 dihalaman SDN Patereman 1. Setelah pelaksanaan fun games, rentetan acara yang terakhir atau malam inagurasi yaitu pengajian umum. 

Kegiatan pengajian umum ini diikuti oleh seluruh masyarakat desa Patereman seperti, perangkat desa, tokoh masyarakat, ibu-ibu PKK, karang taruna, bapak ibu guru SD/MI atau yang mewakili dan masyarakat sekitar desa Patereman.

Pelaksanaan pengajian umum bertempat di halaman SDN Patereman 1. Pengajian umum dimulai pukul 19.00 WIB dengan susunan acara sebagai berikut :

  • Pembukaan
  • Pembacaan ayat-ayat suci Al-qur'an
  • Sambutan yang dalam hal ini disampaikan oleh bapak kepala desa Patereman dan tokoh masyarakat desa
  • Sambutan dari koordinator desa selaku perwakilan dari kelompok KKN 29 UTM
  • Pembacaan tahlil dan yasin
  • Mauidlotul khasanah sekaligus penutup doa

Sangat menarik bukan? Jika malam inagurasi identic dengan hiburan-hiburan, maka berbeda dengan konsep  malam inagurasi yang disajikan oleh kelompok KKN 29 UTM. Pengajian umum dipilih sebagai acara utama penutupan KKN 29 UTM dikarenakan kegiatan tersebut sangatlah penting dan mampu menjadi akhir yang lebih berkesan baik untuk kelompok KKN 29 UTM maupun untuk masyarakat desa Patereman, Modung. 

Tidak hanya itu, pengajian umum dipilih karena desa Patereman masih kental aspek keagamaannya. Di sekitar desa Patereman terdapat beberapa pondok pesantren dan tokoh masyarakat yang patut dihormati sehingga, rasayanya tidak etis jika di malam puncak inagurasi penutupan kelompok KKN 29 UTM tidak mengadakan pengajian umum.

dokpri
dokpri
Acara inti yang ada dalam penggajian umum yaitu pembacaan tahlil dan yasin bersama dan diakhiri dengan pemberian ceramah oleh salah satu kyai dari pondok pesantren yang ada di desa Patereman yaitu KH.Ayyub Mustofa M.A. Rentetan kegiatan dalam rangka penutupan kelompok KKN 29 UTM dilakukan dalam satu hari. keseluruhan acara berjalan dengan lancar. 

Semua masyarakat yang mengikuti acara pengajian dapat hikmat dan khusuk. Penutupan malam inagurasi kelompok KKN 29 UTM di tandai dengan pemberian cenderamata kepada bapak kepala desa Patereman.

dokpri
dokpri
Acara pengajian umum merupakan program kerja terakhir yang diberikan oleh kelompok KKN 29 UTM selama melakukan pengabdian 26 hari di desa Patereman. 

Sambutan dari koordinator desa sekaligus menutup kegiatan pengabdian KKN 29 UTM desa Patereman, Modung yaitu "Seluruh kelompok KKN 29 UTM yang diwakilkan oleh saya mengucapkan banyak terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh masyarakat desa Patereman yang telah bersedia untuk menerima kami melakukan pengabdian di desa Patereman,Modung. 

Terima kasih juga kepada pihak-pihak yang dalam hal ini tidak bisa disebutkan satu per satu atas bantuan dan dukungannya kepada kelompok KKN 29 UTM dalam menjalankan program kerja selama ini, serta permohonan maaf yang sebesar-besarnya atas kekhilafan baik yang disengaja maupun tidak disengaja dilakukan oleh kelompok KKN 29 UTM dalam menjalankan pengabdian selama 26 hari di desa Patereman. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x