Mohon tunggu...
Snowman
Snowman Mohon Tunggu... Freelancer - Blogger

Suka membaca buku fiksi dan non-fiksi

Selanjutnya

Tutup

Hobby

Nge-game tapi Ngelag? Ini Cara Menyiasatinya!

18 Mei 2019   21:56 Diperbarui: 18 Mei 2019   22:02 1438
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
https://appdangameandro.blogspot.com

Bermain game online sudah menjadi keseruan yang mendarah daging bagi berbagai kalangan masyarakat, khususnya para pemuda dan pemudi. Dari banyak kalangan itu, ada yang suka bermain game online di ponsel pintar mereka, ada juga yang bermain di laptop. Saya adalah salah satu orang yang gemar sekali bermain game di laptop. Tapi ada satu masalah yang sangat mengganggu saat bermain game online, baik itu di laptop maupun ponsel pintar, yaitu LAG!

Ketika kita sedang seru-serunya main dan seketika gamemu patah-patah atau gak gerak sama sekali (LAG), kita kadang langsung menjadi emosi bahkan murka. Teman saya yang bermain ML ketika gamenya nge-LAG, ia sampai membanting ponsel pintarnya karena hero yang ia mainkan gak bergerak sama sekali.

LAG ini ditandai oleh Latency yang tinggi saat bermain game. Saya yang sering bermain Dota 2 sangat terganggu jika tiba-tiba Latency naik. Apalagi ketika sedang bermain mode Ranked, kesalahan sedikit pun harus dihindari saat bermain agar MMR bisa naik. Tapi semua itu hancur ketika game mulai LAG.

Saat memulai "war", misalnya, LAG tentunya akan mempersulit dan lebih buruknya lagi akan mengganggu permainan teman se-tim mu. Kadang kita tidak tahu kalau hero kita sebenarnya sudah mati saat LAG berlangsung.

Saya sendiri adalah anak kos yang sering pindah-pindah warung kopi untuk bermain Dota 2. Bermain game di warung kopi bagi saya sangat menyenangkan, bisa main game sekaligus kuliner kopi. Kalau ditanya-tanya seberapa lancar sih bermain Dota 2 di warung kopi, ya tergantung kecepatan wifinya, itu pun kalau disediakan wifi.

Beberapa warung kopi di kotaku memang tidak menyediakannya untuk alasan tertentu. Meskipun warung kopi menyediakan wifi, itu sama sekali gak bisa diandalkan, karena yang menggunakan wifi di warung kopi itu sangat banyak. Di bawah kondisi seperti itu saya selalu membawa ponsel pintar kemana-mana saat mau bermain.

Di semua ponsel pintar, ada yang namanya fitur hostpot wifi atau biasanya tethering. Fitur ini bisa digunakan untuk menyambungkan gadget ke jaringan wifi ponsel pintar kita sehingga gadget yang dihubungkan (client) bisa mengakses internet jika ponsel pintar kita terhubung ke internet.

Saya selalu menggunakan fitur hotspot, artinya, saya selalu memanfaatkan kecepatan internet dari ponsel pintar. Cara ini seperti menggunakan modem portable, tapi karena sudah punya ponsel pintar, saya tidak perlu membeli modem portable lagi. Kalian bisa lebih hemat ketika 1 perangkat bisa melakukan lebih banyak hal dibandingkan membeli perangkat-perangkat yang berbeda. Itu bisa menghabiskan banyak rupiah.

Seperti yang sudah saya ceritakan di atas, LAG bisa terjadi ketika internetnya mulai lemot. Oleh karena itu, kebutuhan akan internet cepat pun adalah hal yang utama.

Saya sendiri sangat sering mengalami LAG ketika sedang bermain, dan itu disebabkan oleh kecepatan internet ponsel pintar saya yang buruk. Kualitas sinyal juga sangat berpengaruh pada kecepatan internet. Kalau kalian bermainnya di tempat yang kekurangan sinyal, maka siap-siap lah untuk menggerutu dan menyumpahi sana-sini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun