Mohon tunggu...
Firman Rahman
Firman Rahman Mohon Tunggu... Lainnya - Blogger Kompasiana

| Tertarik pada finance, digital marketing dan investasi |

Selanjutnya

Tutup

Money Artikel Utama

Pilihan Sulit Antara KPR atau Ngontrak Rumah, Antara Gengsi atau Kebutuhan

7 Mei 2024   09:59 Diperbarui: 8 Mei 2024   19:32 257
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi membeli rumah. (UNSPLASH/TIERRA MALLORCA) 

Hasil Survei Harga Properti Residensial (SHPR) Bank Indonesia (BI) mengindikasikan bahwa perkembangan harga properti residensial di pasar primer masih menunjukkan peningkatan. -- Kompas.com

Rumah memang menjadi kebutuhan pokok bagi siapa pun, khususnya mereka yang sudah berkeluarga. Hal ini pula yang menjadi dilema bagi sebagian orang, yang pada akhirnya harus memutuskan apakah harus kontrak rumah atau memiliki rumah dengan KPR dari bank, meskipun harga rumah baru semakin naik.

Sebenarnya dari berbagai informasi yang ada, baik dari media bahkan tips tentang bagaimana mengatur keuangan termasuk berinvestasi dalam instrumen apa pun, masalah ingin memiliki rumah, apakah harus dengan KPR atau terpaksa kontrak rumah, sebenarnya adalah hal sepele.

Ilustrasi (Gambar: Unsplash/Breno Assis via Kompas.com)
Ilustrasi (Gambar: Unsplash/Breno Assis via Kompas.com)

Bila Anda sudah memahami bagaimana cara mengatur keuangan keluarga atau family financial planning, hal ini sepertinya sudah tidak perlu diributkan. Prinsip penting adalah belilah saat Anda memiliki uang.

Bagaimana dengan KPR (Kredit Pemilikan Rumah)? Bila Anda memang harus mengambil rumah dengan KPR, maka Anda harus berhitung dengan tepat, jangan sampai Anda menyesal di kemudian hari.

Ingin Beli Rumah? Perhatikan Terlebih Dahulu Tujuan Membeli Rumah

Satu hal yang harus dipahami bila ingin membeli rumah adalah rumah merupakan salah satu asset yang membutuhkan pengobanan besar untuk mendapatkannya, karena nilainya yang besar. 

Untuk itu, maka hal penting yang harus diketahui, adalah:

  • Ketahui terlebih dahulu kemampuan finansial Anda
  • Tujuan membeli rumah dan mengapa harus membeli rumah

Termasuk pertimbangan lainnya, seperti apakah Anda ingin menempati rumah tersebut hanya untuk sementara waktu saja atau dalam jangka waktu yang lama atau tetap.

Kebanyakan bila Anda bekerja di beberapa instansi, BUMN misalnya, atau perusahaan-perusahaan swasta nasional, pada level tertentu, seringkali terdapat persyaratan, seperti siap untuk ditempatkan di seluruh Indonesia. Tentu saja hal ini seringkali membuat Anda akan lebih memilih untuk kontrak, daripada harus beli rumah, apalagi dengan cara KPR yang pada kemudian hari, akhirnya rumah tersebut tidak ditempati.

Begitu pula saat memutuskan ingin membeli rumah dengan KPR atau kredit dari bank, juga harus menjadi pertimbangan yang dalam, seperti :

  • Membeli rumah dengan KPR tentu saja akan menyebabkan timbulnya pengeluaran bulanan
  • Banyak persyaratan yang harus Anda penuhi, termasuk kemampuan bulanan atau pendapatan setiap bulan dan tahunnya

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun