Muhamad Firmansyah
Muhamad Firmansyah Aktivis Sosial

Aktivis Sosial - Human Resource Manager Indonesia Food Bank Foundation. Visit us: http://www.indonesiafoodbank.com/

Selanjutnya

Tutup

Media Pilihan

Awas! Ada Hak Cipta dari Gambar yang Kamu Ambil

7 Desember 2017   13:14 Diperbarui: 7 Desember 2017   15:00 548 4 6
Awas! Ada Hak Cipta dari Gambar yang Kamu Ambil
Ilustrasi gambar yang mempunyai hak cipta

Bagi Kompasianer yang suka menulis artikel di kompasiana atau dimana pun pasti selalu melengkapi gambar pada artikelnya. Sebab gambar adalah pemanis bagi artikel yang kita buat dan diposting agar para pembaca tertarik untuk membaca. Foto/Gambar juga merupakan ilustrasi pendukung dari tulisan kita. 

Tulisan yang hanya berupa teks saja bagai taman tanpa bunga, bagai sayur tanpa garam. Jika tidak memiliki sumber foto/gambar dari dokumen pribadi. sering kali untuk mencari gambar yang sesuai dengan artikel yang kita tulis memanfaatkan situs-situs layanan penyedia foto seperti Google Images atau Flickr. 

Namun, tahu kah kamu sobat Kompasianer, foto/gambar yang kamu ambil punya aturan hak cipta. Jika sobat Kompasianer tidak meminta persetujuan dari orang yang dipotret, maka sobat akan dijeran ancaman pidana menurut Pasal 72 ayat (5) Undang-Undang Hak Cipta berupa pidana penjara paling lama 2 tahun dan/denda paling banyak Rp 150 juta.

Pencarian gambar di Google Images (Sumber : Dokumen Pribadi)
Pencarian gambar di Google Images (Sumber : Dokumen Pribadi)

Agar penggunaan foto/gambar dari situs penyedia gambar tidak bertentangan dengan UU Hak Cipta, sebaiknya pilih foto dengan kategori yang diperbolehkan untuk ditayang-ulangkan kembali. 

Berikut cara kita untuk menfilter pencarian foto atau gambar yang boleh digunakan untuk komersial. Jika kamu menggunakan layanan Google Images berikut petunjuknya.

1. Pada layanan pencarian Google Images, Klik Setting/Pengaturan lalu Klik Advance Search/Pencarian Lanjutan

2. Di bagian usage rights/penggunaan hak cipta, pilih menu free to use or share, even commercially/bebas digunakan atau dibagikan, bahkan secara komersialLalu kamu tinggal tekan enter. Dan kamu bisa memilih salah satu foto/gambar yang tersedia yang kamu butuhkan untuk artikel kamu.

Kamu juga bisa mencari foto/gambar dari laman Pexel.com. laman ini menyediakan banyak foto/gambar yang cukup bagus dan menarik yang pastinya dapat kamu gunakan secara gratis agar artikel yang kamu buat lebih menarik.