Mohon tunggu...
Firman Matondang
Firman Matondang Mohon Tunggu... Mahasiswa

Penulis pemula, mari sama-sama belajar.

Selanjutnya

Tutup

Hukum

Transaksi Jual Beli Online dalam Pandangan Islam

11 Agustus 2020   05:00 Diperbarui: 11 Agustus 2020   05:04 85 0 0 Mohon Tunggu...

Pengertian Jual Beli Secara Online

Jual beli secara online adalah proses transaksi jual beli yang dilakukan lewat internet atau via online dimana dua orang yang melakukan transaksi baik penjual maupun pembeli telah melakukan kesepakatan jual beli via internet. 

Jual beli jenis ini pada zaman dahulu lebih dikenal dengan istilah ba'i salam dimana dalam istilah etimologi diartikan sebagai pendahuluan modal. Sedangkan, pengertian secara luasnya diartikan penyerahan uang atau modal dilakukan di muka (di awal) sedangkan penyerahan barang yang ditransaksikan dilakukan di kemudian hari atau dalam tempo yang telah ditentukan dan disepakati.

Adapun rukun jual beli online atau salam ini sama seperti rukun jual beli pada umumnya yaitu harus ada pembeli (Muslam), penjual (Muslam Alaih), modal atau uang, barang (Muslam Fiih), dan shigat.

Dalam dunia perbankan, jual beli online atau salam biasanya dilakukan pada pembiayaan bagi petani dalam jangka waktu yang pendek biasanya 2-6 bulan. Barang yang diperjual-belikan biasanya adalah cabai, jagung, padi, dan lain sebagainya.

Pada zaman modern sekarang ini, di mana zaman sudah dipenuhi dengan peralatan teknologi yang serba canggih orang memilih melakukan segala sesuatunya dengan mudah dan instan. Transaksi jual beli yang sudah melekat di kalangan masyarakat dari dulu hingga kini merupakan sesuatu yang prioritas untuk bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari. Pada saat sekarang, itu bisa dilakukan dengan mudah via internet. Meskipun hanya sebagian saja yang suka bertransaksi dengan cara ini bahkan mungkin ada yang belum mengetahui caranya, tapi kebanyakan orang khususnya orang- orang di perusahaan lebih banyak memilih untuk bertransaksi online karena dianggap lebih cepat, mudah, praktis, dan juga terjamin.

Cara Melakukan Transaksi Jual Beli Secara Online

Tahapan-tahapan untuk melakukan transaksi jual beli secara online sebenarnya cukup mudah dan tidak sulit untuk melakukannya. Langkah awal adalah mengunjungi situs di internet yang menyediakan jasa jual beli online. Biasanya, sebelum masuk kita harus memasukkan e-mail atau nomor telepon untuk memudahkan informasi. Lalu setelah itu, carilah barang yang diperlukan dan biasanya akan muncul beberapa pilihan dari barang yang dicari. 

Setelah menemukan barang yang dicari, klik barang tersebut. Biasanya disana akan tertera harga barang yang telah ditentukan. Kelebihan disini adalah kita bisa membeli banyak barang hanya dalam satu kali pembelian dan tidak usah repot-repot mengunjungi banyak toko atau pasar untuk membeli jenis barang yang berbeda. 

Setelah itu pilihlah ikon setuju yang menandakan bahwa kita telah sepakat untuk membeli barang tersebut. Jika sudah, tunggulah beberapa saat sampai penyedia jasa atau penjual online tersebut mengirimkan suatu pesan ke e-mail anda biasanya berupa informasi tentang total pembayaran yang harus dibayarkan. Pembayaran dilakukan lewat rekening bank atau bisa secara cash dengan bayar di tempat, barang yang telah anda beli akan dikirimkan beberapa hari setelah itu.

Transaksi Jual Beli Secara Online Dalam Pandangan Hukum Islam

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x