Mohon tunggu...
Firman Budianto
Firman Budianto Mohon Tunggu... Lainnya - Young marine engineer

Enthusiastic, creative, and reliable young marine engineer. Passionate with book, novel and story.

Selanjutnya

Tutup

Hobby

How I Found My Hobbies

20 April 2020   03:04 Diperbarui: 20 April 2020   03:37 28
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Hobi. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Kali ini saya akan cerita tentang hal-hal yang paling saya sukai selama saya hidup di dunia. Sebagai permulaan, hidup di dunia menurutku adalah suatu anugrah terindah yang pernah tuhan berikan kepadaku, kenapa? Karena  dengan hidup di bumi ini saya dapat menikmati salah satu ciptaan-Nya yaitu keindahan alam.

Bumi yang luas ini terdiri atas ribuan objek keindahan alam yang tersebar di seluruh dunia, hanya dengan merasakan keberadaan salah satu tempat itu membuatku merasa bersyukur bisa hidup di alam yang menawan ini. Tentang bumi dan lingkungannya merupakan salah satu hal yang sangat senangi, dari dalamnya palung samudra sampai tingginya gunung pasti ada hal-hal indah yang terselip diantanya.

Sedikit cerita kenapa saya sangat menyukai alam, sejak kecil saya sudah diajarkan oleh orang tua saya untuk menanam pohon dan merawatnya. Saya juga pernah mandi di sungai, entah kenapa mandi di sungai pada waktu kecil sudah menjadi rutinatas saya setiap sore sehabis bermain bersama teman-teman masa kecil untuk melepas rasa lelah dan pegal.

Hal yang paling saya ingat semasa mandi di sungai dulu yaitu bermain 'ompal-ompalan' atau river tubing, dari sana saya banyak belajar tentang alam dan lingkungannya karena dengan melakukan itu saya dapat melihat indahnya persawahan dengan padi yang menguning, serta aktivitas orang-orang di sekitar daerah alirang sungai tersebut. 

Berawal dari sana membuat jiwa kepekaanku terhadap alam yang segar dan nyaman ditempati menjadi tergugah, dan ini merupakan satu dari banyak hal yang sangat saya senangi yaitu bercengkrama dengan alam dan lingkungannya.

Dan sampai sekarang saya juga masih sangat hobi untuk melakukan kegiatan pengeksplorasian alam seperti bermain ke pantai, berjalan setapak menuju air terjun serta mendaki gunung.

Untuk hobi kedua saya merupakan hobi yang muncul semasa masa SMA, walaupun semasa kecil dulu saya sudah sering melakukan hobi ini. Untuk hobi kedua ini ceritanya waktu itu sekolah saya dulu mengadakan kompetisi 'Pojok Buku' untuk semua kelas dari kelas 10 sampai 12 dan tujuan dari lomba itu untuk meningkatkan budaya membaca pada sekolah juga, mendukung program pemerintah tentang membaca buku 15 menit sebelum kelas masuk.

Waktu itu kelas saya membuat rak buku bikinan sendiri dengan bermodalkan kayu dan papan yang dibeli di belakang sekolah. Serta kelas saya juga menambahkan dekorasi dengan pohon baca yang isinya tentang buku apa saja yang sudah dibaca menggunakan kertas koran bekas.

Saat penjurian kelas saya mendapat komentar dan pujian dari guru juri yaitu menjadi kelas yang paling kreatif dan inovatif, tak salah pada pembacaan hasil kelas saya memenangkan lomba Pojok Buku tersebut dan mendapatkan hadiah.

Eh malah fokus ke perlombaannya, kembali lagi kenapa saya bisa menemukan hobi ini, dari lomba Pojok Buku tersebut, teman-teman sekelas saya membawa buku-buku miliknya untuk ditaruh di rak tersebut, dan kebanyakan buku yang dibawa berbentuk novel, ada salah satu teman saya membawa lima novel untuk ditaruh di rak buku tersebut.

Saya yang berlatar belakang orang yang berasal dari golongan ekonomi menengah kebawah membeli buku terlebih novel merupakan hal yang sama sekali tidak pernah dilakukan dari kecil sampe SMA, oleh karena itu saya hanya bisa bantu dalam hal pembuatan rak buku tersebut untuk memenangkan perlombaan pojok buku terebut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun