Mohon tunggu...
M Firmansyah
M Firmansyah Mohon Tunggu... CreativePreneur -
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

"Bertekad Hijrah"

Selanjutnya

Tutup

Lyfe

Rahasia! Mengapa Karya-karya Chrisye "Everlasting"

28 Juli 2013   23:51 Diperbarui: 24 Juni 2015   09:54 2331
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
13763203021579454205

Mengapa karir musik Chrisye bertahan selama empat dekade, mungkin anda bisa baca di buku biografinya yang di tulis Alberthine , mengapa banyak musisi baru me-recycle lagu-lagu nya,anda bisa baca berita-nya di portal-portal infotainment, disini saya akan beropini tentang karya-karya yang di representasikan dari diskografi album-nya, coba simak pendapat saya ini: Kesatu: Di awal karir ia terlibat pada proyek-proyek besar di album-album yang menjadi magnum opus perjalanan musik indonesia, Guruh Gipsy misalnya, ia menjadi sekolah pertama chrisye, di dalam album tersebut, mereka melakukan eksperimen musik,gamelan bali di campur dengan art rock dan orang bilang mereka tlah melakukan banyak kemajuan yang besar untuk musik indonesia, album tersebut menjadi album indie pertama yang sangat berkualitas, sampai saat ini,album tersebut jadi pembicaraan para penggemar progresif rock di luar negeri sana, mungkin dari sinilah chrisye belajarbanyak, bagaimana bisa menghasilkan musik berkelas dan berkualitas. Kedua: ia di kenal sebagai penyanyi dari single”lilin-lilin kecil” sebenarnya lagu ini saat itu masih jakarta sentris, karena awalnya masih dinikmati pendengar prambors jakarta,baru pada saat urutan nya di ubah karena lagu ini bukanlah lagu nomor satu di LCLR 1977, kemudian di perdengarkan di seluruh radio indonesia sebagai lagu jagoan lomba cipta lagu remaja, single ini menemui ke-bereuntungannya. mengapa jadi evergreen? Dan hampir smua musisi muda pernah daur ulang, karena aransemen yg pas, lirik yang sederhana, dan penyanyi yang total dalam meng intrepretasikan lagu ini. Ketiga: Badai pasti berlalu, ini album awet muda, pernah di rilis tiga kali, gak satu dua lagu aja, gak tanggung-tanggung satu album, plus di recycle bersama film-nya, itu artinya, album sehebat ini tlah membuat penasaran generasi-generasi baru, yang tidak merasakan zaman keemasan music indonesia, mengapa orang masih rela-rela-nya menempatkan telinganya untuk menyimak album se-legend ini,dan efeknya, chrisye jadi perhatian generasi baru yang lahir tahun 2000 an, dan mestinya musisi lain mencoba mencari tau apa resep nya. Keempat: Sabda alam, menuai sukses, seluruh lagunya, masih dinikmati, di youtube pujian bertubi-tubi dari komentator penikmat music gak kurang-kurang dari anak yang sama sekali baru pertama kali mendengarnya, minus-nya album ini penuh dengan kata-kata sastra yang jauh dari bahasa-bahasa pop musik zaman ini, album ini mungkin tidak hanya dinikmati oleh mereka yang ingin bernostalgia,dan jika ada respon dari generasi baru, biasanya mereka Cuma comment,”kenapa saat ini tak ada arasemen dan sound seperti ini”atau siapa musisi-musisi yang terlibat, sisanya pujian ala generasi baru. Kelima: chrisye mungkin jodoh dengan musica studio, padahal tidak mau di dikte dalam berkarya,ia mewanti-wanti ke produsernya, kalo kreatifitas nya di batasi, atau di atur, ia jadi sulit berkarya,dan lagi musica memberi kebebasan penuh padanya, alhasil, ia mencoba terobosan baru sesuai idealism-nya, maka lahirlah album” Percik Pesona, yang menurut beberapa penikmat musik, inilah album chrisye paling artistik, namun sayang disayang tidak disambut hangat oleh pasar, dan tidak sejalan dengan telinga pasar musik saat itu, saya pikir album ini masih bisa dinikmati saat ini, jika saat itu susah sekali, tapi seiring smakin kaya-nya repertoar music masyarakat, album ini jadi bisa dinikmati. Keenam: Chrisye menurut erwin gutawa adalah sosok seniman yang punya dedikasi di dunia musik, ia ga punya kerjaan lain, selain total di musik, ia sangat serius dan perfeksionis pada karirnya, biasanya orang kalo sdh sukses akan memuaskan smua mimpi-mipinya,barang branded, jalan-jalan ke luar negeri, atau kepuasan hedonisme,namun tidak untuk chrisye sukses album AKU CINTA DIA di th 1986, ia sudah berfikir apa kreasi album selanjutnya, dapat kesempatan ke eropa, ia ga ambil,malah berkutat dengan musik di studio rekaman, liburan di tokyo, smua rombongan sibuk belanja, ia malah ke foodcourt cari inspirasi lagu,ia slalu berfikir tentang karir musiknya yang harus di isi dengan karya-karya yang tidak monoton, ia juga tidak sering muncul di televisi, menurutnya sensasi penggemar yang merindukannya lebih penting daripada tampil terus menerus tapi berujung bosan, ia menyebutnya sensai kerinduan psykologi penggemar, dan memang benar kita bisa lihat, siapa dan seperti apa sih penggemar atau fans chrisye, pasti anda tidak menyangka, tau-tau ada beberapa anggota DPR ngaku jadi fans chrisye, lalu muncul faans-fans di media online satu persatu mulai mengungkapkan kesukaan-nya pada karyanya, kalau mau lebih jelas lagi,bagi anda yang pernah datang di beberapa konser chrisye, di situlah terlihat jelas status sosial fans chrisye. para penggemar chrisye tidak seperti fans Slank, iwan fals atau musisi yang lainnya yang punya fansbase, basecamp, atribut,atau komunitas, jadi kita tidak bisa tahu dan dapat melihat dengan jelas, se-pengetahuan saya, biasanya fans chrisye itu bisa di lihat dari aktifitas para pengguna internet seperti, ada orang yang bikin videoklip kreasi sendiri dari video dan image, lalu di share di youtube, fans chrisye biasanya terlihat dengan bikin acara “chrisye nite” atau tribute to chrisye di kafe-kafe dan hotel-hotel bintang lima, ….. lalu adakah fans chrisye dari kalangan bawah, apa yg mereka lakukan dalam menunjukan kecintaanya? jawaban nya ada, di lihat dari penjualan fisik album-album beliau, Album Badai 1977 menurut ASIRI sampai saat ini terus di buru para kolektor musik, angka nya bisa 9 jutaan angka konservatif,album puspa indah juga cukup sukses, album Aku cinta dia, sempat menyentuh 1 juta, itu saat musik indonesia masih dengan trend kaset, album dengan penjualan stabil di  luar album yang saya sebutkan di atas, biasanya kelas grass root mencari album the best nya chrisye, mereka mau cuma lagu-lagu hits saja, tapi untuk fans, mereka akan siap sedia mengkoleksi smua album beliau. Ketujuh: dalam kontribusi di dunia musik chrisye selalu jadi perintis, ia memulai era pop kreatif di tengah tahun 70 an bersama Fariz RM,eros, yockie,satu album Percik pesona di buatkan videoklip walau saat itu belum jadi trend, Klip nya menjadi video musik indonesia pertama yg di tayangkan di MTV, klip "Kala cinta menggoda"menyisihkan daftar klip Musik asia di ajang MTV award 1998, ia memulai trend sampul kaset artistik di album "pantulan Cita'1981, ia musisi produktif setahun bisa menelorkan 2 album sekitar tahun 1983-1984, lagu religinya"ketika kaki dan tangan berkata"serta "Damai bersama-mu" jadi inspirasi musisi lain untuk ciptakan lagu religi dan jadi trend, videoklip "cintaku"melibatkan smua tokoh hiburan di indonesia, rekor videoklip dng banyak artis yang belum terkalahkan, ia menjadi artis pertama yg konser di JCC, selebihnya artis luar, ia ga mungkin sendiri dalam memberikan kontribusi dan warisan karya yg bisa dinikmati generasi mendatang, di setiap karyanya ada orang-orang seperti, Eros djarot, yockie suryoprayogo, guruh soekarno putra, fariz RM,james F sundah,adjie soetama, adie MS, tito soemarsono, vina panduwinata, yongki suwarno,waljinah, sampaipongki,bebi romeo, ahmad dhani,enda Ungu, sampai ariel NOAH. lalu ketika dunia musik dan Tuhan begitu pemurah dengan mulusnya karir musik beliau, apakah chrisye punya "Haters" atau pembenci? Kedelapan: menyambung tentang Hater dan plagiat, kalo haters kita bisa lihat dari komentar dan aktifitas para pengguna internet,.. biasanya terjadi jika Chrisye di bandingin-bandingkan  dengan artis atau musisi-musisi lain, nah.... di situ sering muncul komen ttg kiprah chrisye dari yg baik sampai tuduhan plagiat, biasanya para haters itu muncul ketika karya chrisye datang  mengusik kemapanan eksistensi artis idolanya,... contoh, dahulu setelah orang jenuh dengan konsep Koes plus yang monoton, tiba-tiba Chrisye dan kawan-kawan genk pegangsaan menawarkan kesegaran jenis musik baru yakni "Pop Kreatif" otomatis fans baru chrisye berdatangan dari orang-orang yg haus nuansa baru, musik indonesia, dan di era 90 an juga begitu, pencinta musik indonesia bosan juga dengan Pop kreatif, maka bermunculanlah band pop alternatif, memang benang merahnya masih sama, ini juga seiring dengan fans chrisye yg sudah masuk kuliah, kerja atau berumah tangga, pergeseran bukan berdasarkan trend musik, tapi kedewasaan selera, munculah haters-haters chrisye yang menilai jenis musiknya terlalu lembut, njilimet, apalagi di era trio EYC banyak kosakata gak biasa, haters chrisye yg slalu mengungkit masalah plagirism, contoh hip hip hura mirip footlose, jumpa pertama mirip shiena easton, atau "jika surga dan neraka" mirip steven simond, dalam karir chrisye memang ga ada keharusan mengklarifikasi hal ini,  apalagi mirip di beberapa nada yg tdk di sengaja, tidak membuat orang merasa terganggu dengan kualitas karya utuh, selama mirip nya tidak satu lagu, untuh para haters isyu ini akan terus di dengung-dengungkan, untunglah chrisye tipikal artis yg tdk menghiraukan haters selama karyanya masih dalam bingkai seni yang bisa di pertanggungjawabkan,  sulit juga mencari hates chrisye mengingat sosoknya yg ga doyan publikasi, gak mau terlalu reaksioner dengan isu-isu yg meninmpa kaier musiknya, dan cendrung susah di wawancarai wartawan, cuma wartawan-wartawan pilihan dan punya jam terbang yg bisa minta keterangan langsung darinya, karena pribadi yg introvert dan gejolak seniman yg ada pada dirinya, mungkin cuma wartawan yg punya jiwa seni juga yg bisa mendekatinya, keberhasilan sang wartawan memaksa chrisye bercerita tentang pengalaman hidupnya sbg sang legenda juga sangat menarikuntukdisimak,...contohnya ada wartawan TEMPO pernah meliputnya, chrisye bercerita tentang, perjalanan religiusitasnya ketika bertemeu sang ulama, dan ketika sang kyiai memintanya bernyanyi di hadapan santri-santri, apakah pristiwa itu jauh sebelum ia hanyut tak berdaya ketika nyanyikan karya taufiq ismail? di Terbitan Tempo 17 April 2005, chrisye bercerita kepada wartawan Tempo bahwa, ia merasa semakin sukses semakin merasa """""Kosong""""", maka itu ia selalu mencari dan kulo nuwun kepada smua ulama,habib dan kyai yg sering di jumpai di setiap konser-konsernya di daerah. Kesembilan : Fakta ajaib tentang Chrisye ini di luar dari fakta-fakta yg beredar versi orang yg mengenal chrisye yg sdh termuat di blog,tulisan dan suasana batin yg terbangun antara idola dan penggemarnya, smua berserakan di internet dan kalian bisa search via google, fakta ini versi saya, karena saya tergolong fans yg telat, saya sama seperti generasi baru yg lain yg baru mengagumi nya pasca ia tlah tiada, saat smua org begitu kangen dan kehilangan sosoknya, di bawah ini beberapa fakta yg saya coba gali dari beberapa interview santai kepada masyarakat yg suka ataupun biasa-biasa saja, bahkan yg ga kenal beliau sama sekali, contohnya dulu menjelang kerusuhan Mei 1998, lagu "kala sang surya tenggelam" sering banget di putar di Radio-radio, seakan penggambaran kondisi sosial saat itu, Waktu Tsunami aceh, MetroTV menjadikan lagu theme song nya untuk Live Event Badai Pasti Berlalu, bahkan ada warga aceh yg menuliskan "badai pasti berlalu" di bibir pantai sebesar mungkin, sebagai pemantik optimisme kali yaaa...tiga hari sebelum ia meninggal, toko kaset CD di plaza senayan, Plaza indonosia EX, taman anggrek yg saya kunjungi secara kebetulan memutar lagu-lagunya, bukunya"sebuah memoar musikal" di launching 40 hari sebelum ia meninggal, dan ia meninggal di hari jumat pagi, kabar dari radio-radio saeakan membangun suasana mendung, faktanya memang di luar cuaca mendung, hujan pun tak henti-hentinya sampai pelaksanaan sholat jumat, dan saat jenazahnya masuk ke liang lahat, hujan-pun reda. Kesepuluh: berikut resep-resep everlasting chrisye dari karir dan karyanya dari Buku biografinya, Album pertama jadilah diri sendiri,kreativitas di undang tapi jangan di paksa,saya penyanyi yg bukan selebriti,anak-anak saya tdk boleh merasa jadi anak artis, memilih partner musik jgn asal comot, bertahanlah setidaknya lima album, album itu kwajiban dan konser pembuktian,jangan resah pada persaingan,eksklusifitas sebagai penjaga"kita hrs mengakui psikologi penggemar amat di pengaruhi oleh sensasi kerinduan",spritualitas adalah penuntun saya"spritualitas memberikan lebih dari sekedar punya agama". Demam panggung bukan masalah.... (buat adik-adik musisi tuh... dengerin, apa kata om Chrisye). Penggemar adalah nyawa yg hrs di pedulikan, lebih panjang lagi jabarannya baca aja biografi beliau, rasanya cocok buat saya atau kalian yg mau meniti karir di dunia musik atau di bidang apapun. ok akhirnya selesai sudah rangkaian opini tentang everlastingnya karya seorang chrisye.  and follow my twitter @firman2020 Terima kasih

Mohon tunggu...

Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun