Mohon tunggu...
Firman
Firman Mohon Tunggu... Penulis - Peneliti

Peneliti

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Cara Mempersiapkan Diri untuk Lolos Beasiswa

15 Agustus 2022   16:50 Diperbarui: 15 Agustus 2022   16:55 84 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Image diadopsi dari scholarsofficial.com

Tidak sedikit orang bermimpi untuk bisa melanjutkan sekolah sampai ke perguruan tinggi. Karena berbagai alasan, ada yang ingin menjadi seorang ilmuan, dokter, guru, perawat, bidan dan sebagainya. Pada intinya adalah ingin menggapai kesuksesan di masa depan.

Namun untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi, membutuhkan biaya yang cukup besar, dan bervariasi tergantung program studi yang diambil, serta di kota mana kita belajar. Oleh karena itu tidak sedikit pula masyarakat yang mengurungkan niat untuk melanjutkan pendidikan sampai ke perguruan tinggi.

Mahalnya biaya pendidikan masih menjadi PR bagi kita, sebab seharusnya setiap warga negara dijamin oleh pemerintah, untuk memperoleh pendidikan. Sebagaimana amanat Undang-undang 1945 pasa 31 ayat 1, bahwa setiap warga negara berhak mendapat pendidikan.

Untuk itu dalam rangka mewujudkan amanat tersebut pemerintah telah menyediakan program beasiswa, sebagai fasilitas yang bisa diperoleh setiap warga negara republik Indonesia. Namun nentu untuk memperoleh fasilitas beasiswa, memerlukan usaha dan kerja keras, dan perlu mempersiapkan beberapa berikut.

Akses Informasi Mengenai Beasiswa

Buat anda yang sedang berburu beasiswa, pertama yang perlu ada persiapkan adalah informasi mengenai berbagai jenis beasiswa baik yang ditawarkan pemerintah Indonesia, pemerintah luar negeri maupun lembaga swasta, seperti perusahaan.

Beberapa jenis beasiswa yang ditawarkan pemerintah Indonesia diantaranya LPDP, Beasiswa Unggulan, BUDI, KIPK dan sebagainya. Sementara beasiswa pemerintah luar negeri yang banyak dikenal diantaranya Beasiswa Fulbright, Erasmus, DAAD dan Chevening. Untuk beasiswa dari swasta seperti Djarum, Sampoerna dan sebagainya.

Carilah informasi dari sumber resmi yang valid, kredibel dan dapat dipercaya, mengapa demikian, sebab banyak akun maupun website abal-abal yang seringkali menawarkan berbagai beasiswa serta kemudahan untuk meraihnya, yang dikirimkan secara rundom melalui ponsel anda oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Selain itu pelajarilah perbedaan dari masing-masing beasiswa tersebut, kemudian pilih jenis beasiswa yang ingin anda dapat, disesuaikan dengan pertimbangan fasilitas yang diberikan, kemampuan anda, serta waktu pendaftaran beasiswa dan ada tidaknya kontrak setelah anda menyelesaikan pendidikan.

Sebaiknya carilah mentor, seperti teman, senior, atau guru anda yang pernah memperoleh beasiswa. Untuk membantu mengarahkan anda dalam proses persiapan ketika hendak mendaftar beasiswa. 

Memantaskan Diri Sebagai Penerima Beasiswa

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan