Mohon tunggu...
Firli Rahmawati
Firli Rahmawati Mohon Tunggu... Mahasiswa

-

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Relawan UNS Peduli Covid-19 Bekerjasama dengan Masjid Nurul Huda Berbagi Makanan Buka Puasa Gratis dan Membuat Video Edukasi Terkait Covid-19

5 Agustus 2020   12:20 Diperbarui: 5 Agustus 2020   12:16 15 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Relawan UNS Peduli Covid-19 Bekerjasama dengan Masjid Nurul Huda Berbagi Makanan Buka Puasa Gratis dan Membuat Video Edukasi Terkait Covid-19
Pembagian makanan buka puasa gratis dengan sistem drive thru 

SURAKARTA - Masjid Nurul Huda Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mengadakan program UNS Peduli berupa memberikan paket buka puasa gratis untuk mahasiswa UNS yang masih terjebak di kost akibat pandemi Covid-19 serta masyarakat sekitar UNS. 

Paket buka puasa gratis ini diberikan kepada mahasiswa dengan menggunakan system drive thru guna menerapkan protokol kesehatan yang dianjurkan oleh pemerintah. 

Program KKN UNS Peduli ini diikuti oleh 31 mahasiswa dari berbagai fakultas dimana program ini dilaksanakan pada tanggal 24 April hingga 7 Juni 2020. Program ini diadakan karena KKN regular periode Juli-Agustus diubah menjadi KKN Covid-19 sehingga mahasiswa melaksanakan KKN yang berkaitan dengan Covid-19.

Kegiatan ini dipilih karena masih banyak mahasiswa yang tidak bisa pulang kampung dan terjebak di sekitar UNS baik untuk kampus pusat, kampus wilayah, dan kampus vokasi. Karena biasanya di Masjid Nurul Huda diadakan buka puasa gratis untuk tiap sore karena pandemi ini kegiatan tersebut dirasa tidak bisa dilanjutkan. Karena tidak ingin kegiatan tersebut terhenti maka dari pihak UNS mengganti kegiatan buka Bersama gratis di Masjid Nurul Huda seperti biasa dengan memberikan makanan buka puasa melalui system drive thru yang bekerjasama dengan mahasiswa Relawan UNS Peduli. “Karena pandemi seperti ini jadi kegiatan buka persama di Nurul Huda (NH) yang biasa diganti ke sistem baru agar kegiatannya tidak berhenti, terlebih lagi tahun ini ada program KKN Covid dari UNS jadi sekalian saja dilaksanakan oleh mahasiswa yang mengikuti KKN bekerjasama dengan Masjid Nurul Huda” Kata Tomy selaku takmir Masjid Nurul Huda.

Awalnya mahasiswa yang ingin mendapat paket buka puasa gratis mendaftar ke narahubung yang telah disediakan kemudian setiap harinya narahubung memberi informasi ke pendaftar mengenai jam dan lokasi pengambilan makanan buka puasa. Mahasiswa yang hendak mengambil makanan buka puasa diwajibkan menggunakan masker karena merupakan protokol kesehaatan yang wajib dipatuhi. 

Ketika sampai dilokasi mahasiswa dicek suhunya terlebih dahulu oleh tim Relawan UNS Peduli, kemudian diberi handsanitizer, setelah itu mahasiswa mengonfirmasi nama ke tim pendataan untuk memastikan bahwa dirinya telah terdaftar, setelah itu mahasiswa dapat memeroleh paket makanan untuk buka puasa secara gratis.


Selain membagikan paket makanan buka puasa gratis, program relawan UNS Peduli ini juga membuat berbagai program pendukung untuk menanggulangi masalah-masalah yang timbul akibat Covid-19 ini diantaranya membagikan masker gratis ke pengguna jalan yang belum memakai masker, membuat video edukasi tentang pembuatan pupuk organik sebagai langkah untuk bercocok tanam mandiri memanfaatkan lahan terbuka dirumah, serta membuat lagu edukasi himbauan dirumah aja untuk mengurangi penyebaran Covid-19.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x