Â
Pendidikan dan pengajaran menurut KHD
Pendidikan adalah tempat persemayaman benih kebudayaan. Untuk mencapai peradaban kebudayaan yang dicita-citakan salah satunya melalui pendidikan. Inti dari pemikiran KHD adalah harus ada perubahan. Harus dinamis menjawab perubahan jaman, semua nya harus tetap bergerak sesuai kodrat alam. Perubahan adalah kekal. Kebudayaan pun beragam dengan identitasnya masing-masing, sumbu esensialnya adalah nilai-nilai kemanusiaan dalam kebudayaan. 3 kerangka transformasi perubahan ki hajar:
1. Kodrat keadaan:
Kodrat alam : tergantung alam pertanian, laut, pegunungan, 2 atau 4 musim, membentuk kebiasaan sebuah negara Indonesia dan belanda
Kodrat zaman : masing-masing zaman, revolusi industry 4.0
2. Kontinuitas, konvergensi dan konsentris
Kontinuitas : harus melakukan  dialog kritis bergerak maju kedepan namun tidak lupa akar nilai budaya masyarakat
Konvergensi : perubahan harus memperkuat nilai kemanusiaan
Konsentris : menghargai keragaman, memerdekakan pembelajar karena setiap orang berputar sesuai orbitnya. Harus memerdekakan dan menghargai keunikan.
3. Budi pekerti