Mohon tunggu...
Nikmatul Firdausy
Nikmatul Firdausy Mohon Tunggu... Mahasiswa biasa

Tetaplah tertawa dan terlihat gapapa walaupun beban hidup sangat terasa-

Selanjutnya

Tutup

Finansial

Gimana sih Langkah-langkah Nabung Saham? Aman Gak?

1 Juni 2020   14:00 Diperbarui: 1 Juni 2020   14:30 100 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Gimana sih Langkah-langkah Nabung Saham? Aman Gak?
RTI Business

Langsung saja tidak perlu basa-basi, berikut langkah-langkah nabung saham:

1. Membuka rekening

Seperti menabung pada bank umumnya, hal pertama yang harus dilakukan adalah membuka rekening saham terlebih dahulu agar bisa memulai investasi. Untuk membuka rekening investasi, kalian bisa melalui perusahaan sekuritas.

Terdapat banyak sekuritas yang ada di Indonesia, diantaranya Indo Premier, BNI Sekuritas, Mandiri Sekuritas, Mirae Asset, Semesta Indovest, dan masih banyak lagi. Yang terpenting, pastikan kalian memilih sekuritas yang telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Caranya bagaimana? Haruskah datang ke kantor? Oh tidaak, saat ini sudah banyak sekuritas yang memberikan fasilitisas pembukaan rekening investasi secara online seperti Indo Premier.

2. Top Up dana ke rekening investasi

Setelah membuka rekening dan mendapatkan nomor rekening, tahap selanjutnya adalah mengisi dana agar bisa digunakan untuk membeli saham di bursa efek.

3. Unduh aplikasi

Selanjutnya adalah unduh aplikasi transaksi sesuai sekuritas masing-masing. Seperti belanja pada umumnya, untuk membeli saham kalian tidak perlu datang ke Bursa Efek Indonesia. Kita akan diberikan ID dari perusahaan sekuritas sebagai akses aplikasi. Aplikasi biasa bisa diunduh melalui PC/laptop untuk bisa menganalisis lebih luas, tetapi sekuritas biasanya memberikan fasilitas aplikasi pada smartphone yang bisa diunduh melalui appstore/playstore.

4. Membeli saham

Cara membelinya tidak sulit, pastikan saham apa yang ingin dibeli dan uang yang tersedia cukup. Untuk saham apa saja yang ada yang bisa dibeli bisa serach di google dengan kata kunci kode saham. Selanjutnya klik buy, dan masukkan jumlah pembeliannya yang minimal 1 lot atau 100 lembar saham.

Ohiya, transaksi tersebut juga ada waktunya lho. Kalian tidak bisa sembarangan membeli. Seperti pada pasar biasanya, pasar saham memiliki jam buka dan jam tutup. Untuk hari senin sampai kamis, bursa saham buka mulai pukul 09.00-12.00 dan 13.30-15.49. Untuk hari jum'at, bursa saham buka mulai pukul 09.00-11.00 dan 14.00-15.49.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN