Mohon tunggu...
Firdaus Hidayat
Firdaus Hidayat Mohon Tunggu...

Lagi geregetan dengan kondisi Indonesia... Fans berat Bob Sadino, Ciputra, dan Purdie Chandra.

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

8 Juta Orang Indonesia Pelesir ke Luar Negeri!

3 Maret 2014   18:39 Diperbarui: 24 Juni 2015   01:17 192 0 0 Mohon Tunggu...

Wow, kereeen. Ternyata orang Indonesia sudah semakin kaya. Buktinya, jumlah orang Indonesia yang berkunjung ke mancanegara terus meningkat. Dalam 10 tahun terakhir, peningkatannya lebih dari 2 kali lipat. Sekarang, jumlah orang Indonesia yang bepergian ke luar negeri, mencapai 8 juta orang.

Hal ini menunjukkan bahwa kondisi ekonomi orang Indonesia makin meningkat. Tidak bisa dipungkiri karena untuk berkunjung ke luar negeri, dibutuhkan dana yang tidak sedikit. Apalagi orang Indonesia juga terkenal suka belanja di tempat wisata. Walaupun masih kalah royal dibanding wisatawan China.

Ke manakah orang Indonesia menghabiskan dananya? Paling banyak, sekitar 25% orang Indonesia berkunjung ke Singapura. Negara kota ini menjadi magnet yang kuat bagi orang Indonesia. Kalau keluar negeri, sepertinya belum lengkap tanpa datang ke negara kecil itu. Singapura dianggap sebagai salah satu destinasi paling bergengsi, selain Amerika Serikat, Eropa dan Australia.

Jumlah orang Indonesia yang pergi keluar negeri, ternyata berbanding seimbang dengan jumlah orang asing yang datang ke Indonesia, yaitu sebanyak 8,8 juta orang (2013).  Kondisi politik dan ekonomi Indonesia yang baik, membuat jumlah kunjungan wisata orang luar negeri ke Indonesia juga meningkat. Orang asing makin percaya bahwa Indonesia aman. Tidak perlu khawatir datang ke Indonesia. Lagi pula di mata para wisatawan asing, pemerintahan SBY sekarang ini, dianggap mampu menjadikan Indonesia lebih baik.  Silakan tanya deh ke mereka, hehe... saya punya teman orang Bali, yang biasa jadi guide turis. Pendapat mereka nyaris senada, “Hebat ya sekarang Indonesia...” Dulu, lebih banyak yang tidak tahu Indonesia, sekarang sudah mulai berubah.

Apalagi semakin banyak orang Indonesia yang pergi ke luar negeri. Di luar negeri, mereka menjadi duta lho, karena membawa nama Indonesia. Setiap datang ke tempat wisata, pasti ditanya dari mana berasal... setiap berkenalan dengan orang lain juga begitu. Nama Indonesia makin dikenal dan positif di mata dunia.

Saya yakin nanti ke depan, akan makin banyak orang Indonesia yang pergi ke luar negeri! Jadi wisatawan karena rekreasi sudah menjadi kebutuhan utama. Pertumbuhan ekonomi yang tetap baik, akan menambah jumlah orang mapan.

Oh ya, jumlah 8 juta orang Indonesia pergi keluar negeri, belum termasuk jemaah haji lho.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x