Mohon tunggu...
Firdaus Firmansyah
Firdaus Firmansyah Mohon Tunggu... Mahasiswa

Seorang mahasiswa semester akhir di salah satu universitas di Yogyakarta.

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Lidah Mertua Menjadi Favorit Ibu-ibu

26 Desember 2020   21:38 Diperbarui: 26 Desember 2020   21:42 216 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Lidah Mertua Menjadi Favorit Ibu-ibu
 Lidah Mertua Liar (foto:Firdaus)       

Mertua adalah sosok yang mungkin ditakuti oleh para menantu, khusunya menantu wanita yang bisa menjadi stress saat kehidupannya mulai di komentari oleh ibu mertua. Tetapi kenapa lidah mertua bisa menjadi favorit ibu-ibu? Lidah mertua yang di maksud di sini bukanlah lidah mertua secara harfiah, melainkan nama tanaman yang mulai di gandrungi oleh para pecinta tanaman khususnya ibu-ibu.

Tanaman lidah mertua yang memiliki nama sebutan yang cukup unik ini, sekitar tiga tahun yang lalu masih menjadi tanaman liar yang bahkan tidak akan di lirik oleh para pecinta tanaman, tetapi sejak sekitar tahun 2017 lalu tanaman ini mulai menjadi tanaman yang masuk kedalam golongan tanaman hias. Lidah mertua mulai di minati oleh para pecinta tanaman untuk di jadikan tanaman hias yang dapat membuat rumah menjadi lebih indah dan segar.

Tanaman yang memiliki nama latin sansevieria ini merupakan tumbuhan yang aslinya berasal dari negara Afrika Barat, yang sangat mudah sekali tumbuh dan cara merawatnya pun tergolong mudah. Tanaman ini bahkan dapat hidup dengan sedikit air dan sedikit cahaya matahari. Ciri-ciri dari tanaman lidah mertua adalah daunnya yang keras, tegak dan juga ujungnya runcing, tanaman ini di sebut lidah mertua karena ujung nya yang tajam setajam kata-kata mertua yang menusuk hati menantu.

Menurut Wiwik, seorang ibu rumah tangga yang juga hobi menanam tanaman hias. Sejak dari dulu dia sudah sering melihat tanaman lidah mertua, tetapi baginya tanaman tersebut kurang menarik, karena tumbuh liar di kebun milik saudaranya. Tetapi saat dirinya pergi ke tempat temannya yang memiliki hobi yang sama. Dia melihat tanaman lidah mertua yang sudah di tanam di dalam pot, tanaman itu terlihat lebih indah saat sudah diambil dari alam liar dan di tanam di dalam pot. Selain itu setelah dia mencari informasi di internet, ternyata lidah mertua juga memiliki banyak manfaat. Sehingga sekarang dia juga mencari lidah mertua untuk di tanam di rumahnya.

Lidah Mertua di dalam Pot (Foto:Wiwik)
Lidah Mertua di dalam Pot (Foto:Wiwik)

Lidah mertua selain bagus saat menjadi tanaman hias, tanaman ini juga memiliki beberapa manfaat yang dapat di rasakan oleh orang-orang yang memeliharanya, seperti :

1. Menyerap Polusi Udara

Sama seperti tumbuhan-tumbuhan berdaun hijau lain, lidah mertua juga dapat menyerap CO2 untuk bertahan hidup, sehingga bagi orang-orang yang rumahnya dekat dengan sumber polusi, dari pada menanam pohon di dalam rumah untuk menyerap polusi lebih baik menanam lidah mertua yang perawatanya lebih mudah dan ukurannya tifak terlalu besar.

2. Menetralkan Aroma Kurang Sedap

Lidah mertua bisa menjadi alternatif untuk membantu menetralkan aroma kurang sedap yang sering menggangu di dalam rumah. Khususnya kulkas yang sering sekali meninggalkan aroma yang tidak sedap karena bahan makanan yang tak kunjung di masak sehingga membusuk selama berminggu-minggu di dalamnya. Biasanya dengan menaruh potongan lidah mertua di dalam kulkas, dapat membantu mengurangi aroma-aroma yang tidak sedap tersebut. Tidak hanya kulkas, potongan lidah mertua juga dapat di tempatkan di sela-sela ruangan.

3. Mengurangi Radiasi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN