Mohon tunggu...
Firdaus Dzakiyyahnis
Firdaus Dzakiyyahnis Mohon Tunggu... Dzakiyyah Nisrina FIRDAUS

Dzakiyyah nisrina Firdaus

Selanjutnya

Tutup

Transportasi

MRT Atasi Kemacetan di Jakarta

9 Desember 2019   15:00 Diperbarui: 9 Desember 2019   15:06 4 0 0 Mohon Tunggu...

Jakarta, Indonesia dinobatkan sebagai negara keempat yang menggunakan MRT. Sebelum itu negara di Asia Tenggara yang menggunakan MRT adalah antara lain, Singapore, Malaysia dan Thailand. Pada 10 Oktober 2014 MRT mulai dibangun. Apakah anda tahu apa MRT itu?

MRT adalah singkatan dari Moda Rakyat Terpadu Jakarta. Pada 24 Maret 2019 MRT telah diresmikan oleh Presiden Jokowi dan dapat digunakan oleh semua masyarakat. Tarif dari MRT tersebut dibandol dengan harga Rp 8500 -- Rp 10000. Jalur yang akan dilewati oleh MRT yaitu melewati 13 stasiun melayani rute bundaran HI-Lebak Bulus. Stasiun tersebut terdiri dari stasiun Bundaran HI, stasiun Sisingamangraja, stasiun blok M, stasiun Blok A, stasiun Haji Nawi, stasiun cipete raya, stasiun fatmawati dan stasiun lebak bulus. Perpindahan antara stasiun satu dengan stasiun lainnya hanya memerlukan waktu sekitar 3 sampai 5 menit saja. Hal itu lebih cepat dibandingkan dengan KRL untuk berpindah dari satu stasiun ke stasiun lainnya yang memerlujkan waktu 5 sampai 10 menit.

Keberadaan MRT di Jakarta diharapkan bisa untuk mengatasi kemacetan yang dibilang cukup parah di Jakarta akibat padatnya kendaran. MRT juga memiliki desain dan interior yang cukup menarik sehingga nyaman untuk digunakan oleh semua masyarakat. Ini salah satu masalah yang sudah bisa diatasi untuk mengurangi kemacetan di Ibu Kota.

VIDEO PILIHAN