Mohon tunggu...
Firda FaizaHasna
Firda FaizaHasna Mohon Tunggu... Novelis - Penulis

Selamat membaca tulisanku!

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Mahasiswa UPI Memanfaatkan Digital Marketing untuk Meningkatkan Penjualan Produk UMK Lifeplanjournal Bandung

1 Agustus 2021   15:15 Diperbarui: 1 Agustus 2021   15:25 114 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mahasiswa UPI Memanfaatkan Digital Marketing untuk Meningkatkan Penjualan Produk UMK Lifeplanjournal Bandung
Akun Instagram UMK Lifeplanjournal

(BANDUNG) – Baru-baru ini, pemerintah memutuskan untuk menetapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat yang berlaku mulai 3-20 Juli 2021, hingga kemudian diperpanjang lagi sampai 2 Agustus 2021. PPKM ini tentunya sangat berdampak bagi masyarakat, terutama di bidang ekonomi, Usaha Mikro Kecil (UMK) Lifeplanjournal salah satunya. UMK yang bergerak di bidang buku dan alat tulis ini mengalami penurunan penjualan selama masa PPKM berlangsung. Pak Kemal, pemilik dari UMK Lifeplanjournal menerangkan, sejak PPKM ini buku yang terjual sangat sedikit, sehari hanya 3 sampai 5 buku atau bahkan tidak ada buku yang terjual sama sekali.

Oleh karena itu, Firda (20), mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia yang sedang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di daerah Kelurahan Pasir Impun, Kota Bandung, melakukan pendampingan terhadap UMK Lifeplanjournal. Program kerja yang dibuat Firda pada kegiatan KKN ini, yaitu memanfaatkan digital marketing untuk meningkatkan penjualan produk dari UMK Lifeplanjournal. Dalam hal ini, Firda membantu mengelola akun sosial media Instagram dan e-commerce Shopee sebagai media promosi untuk penjualan produk UMK Lifeplanjournal.

Akun Shopee UMK Lifeplanjournal
Akun Shopee UMK Lifeplanjournal
Tidak dapat dipungkiri, jika perkembangan teknologi berdampak pada perubahan perilaku konsumen. Di Indonesia pengguna internet dari tahun ke tahun semakin meningkat. Ditambah lagi, kebijakan pemerintah yang memberlakukan PPKM dalam kondisi pandemi Covid-19 seperti ini, membuat masyarakat Indonesia beraktivitas di rumah saja, mulai dari sekolah, kerja, sampai belanja pun dilakukan secara daring. Tentunya ini adalah peluang yang sangat besar bagi UMK seperti Lifeplanjournal untuk mulai memasarkan produknya secara online di sosial media dan e-commerce.

Penjualan UMK Lifeplanjournal setelah dipromosikan di Instagram dan Shopee/dokpri
Penjualan UMK Lifeplanjournal setelah dipromosikan di Instagram dan Shopee/dokpri

Setelah hampir genap satu bulan Firda membantu pemasaran produk UKM Lifeplanjournal, alhamdulillah, penjualan produk UMK Lifeplanjournal meningkat. Hal ini terbukti, memanfaatkan digital marketing dalam kondisi pandemi seperti ini dapat membantu para pemilik UMK untuk meningkatkan penjualannya di kondisi sulit seperti pandemi saat ini. Semoga, para UMK di Indonesia semakin maju.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN